alexametrics

Oli Samping Wangi, Dongkrak Performa Motor?

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Oli Samping Wangi, Dongkrak Performa Motor?
Ilustrasi oli kendaraan. (Shutterstock)

Manfaat oli samping pada mesin 2 tak sangatlah penting.

Suara.com - Manfaat oli samping pada mesin 2 tak sangatlah penting. Sebab pada momen pembakaran, di mesin 2 tak sekaligus melakukan pelumasan.

Banyak macam oli samping yang beredar di pasaran. Mulai dari untuk harian hingga aplikasi balap alias racing. Biasanya oli samping peruntukan balap dibanderol dengan harga tinggi.

Banyak mitos beredar di kalangan para bikers 2 tak, seperti pakai oli samping racing motor lebih kencang dan wangi pada asap knalpot berpengaruh pada performa mesin.

Mengutip laman Deltalube, Jumat (1/10/2021), tidak sedikit biker yang beranggapan, dalam memilih oli samping yang baik berasal dari wanginya.

Baca Juga: Catat! Jangan Salah Pilih Oli Mesin, Akibatnya Bisa Fatal

Padahal wangi pada oli samping bisa dibuat oleh para produsen oli hanya cukup menambahkan pewangi saja.

Hal ini jelas tidak ada hubungannya dengan mendongkrak performa. Begitu pula dalam hal emisi, oli samping yang tercium wangi tidak mengurangi jumlah emisi yang dikeluarkan motor 2 tak.

Ilustrasi sepeda motor yang tengah parkir. (Shutterstock)
Ilustrasi sepeda motor yang tengah parkir. (Shutterstock)

Untuk para pemilik motor 2 tak, yang harus diperhatikan dalam memilih oli samping adalah formulasi dan zat aditif yang disematkan.

Sesuaikan dengan kebutuhan motor, bila memilih oli dengan kualitas terbaik tentu berpengaruh pada harga yang dikeluarkan.

Baca Juga: Pentingnya Penggunaan Oli Mesin yang Tepat untuk Sepeda Motor

Komentar