alexametrics

Sistem Peringatan Tabrakan yang Terkoneksi ke Smartphone Siap Diuji di Hamburg

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Sistem Peringatan Tabrakan yang Terkoneksi ke Smartphone Siap Diuji di Hamburg
Guardian angel dalam bentuk digital dikembangkan Continental bersama Kota Hamburg dan Deutsche Telekom, Vitronic [Autoevolution].

Pengembangan teknologi Continental kekinian lebih canggih, antara lain lebih detail dalam menangkap subjek.

Suara.com - Lebih dari 15.000 pakar industri akan mempresentasikan ide mereka di ajang Intelligent Transport Systems atau ITS World Congress 2021 di Hamburg, Jerman, pada 15 Oktober.

Salah satu dari banyak proyek yang dikembangkan adalah sistem peringatan tabrakan Continental.

Pabrikan bidang kimia, pengepakan, dan teknologi  asal Jerman ini menggandeng perusahaan telekomunikasi senegaranya, Deutsche Telekom Vitronic, serta pemerintahan setempat Kota Hamburg.

Melansir Autoevolution, Continental tengah menggarap guardian angel digital berupa peringatan tabrakan akan dikirimkan secara real-time kepada pengguna jalan yang menggunakan smartphone. Namun pengguna harus memiliki aplikasi T-Systems yang sesuai di ponsel mereka.

Baca Juga: Komponen Mobil Diolah Jadi Bahan Narkoba, Bengkel Kewalahan Lakukan Perbaikan

Ilustrasi teknologi internet yang terpasang pada mobil (Shutterstock).
Ilustrasi teknologi internet yang terpasang pada mobil (Shutterstock).

Cara kerjanya, sistem akan menghitung rute selama lima detik berikutnya menggunakan GPS dan data kecepatan dari mobil dan smartphone di komputer cloud Telekom di sekitar lokasi.

Dengan demikian pengemudi dapat segera mendapat peringatan tentang kecelakaan yang akan segera terjadi karena sistem sudah terintegrasi ke dalam fungsi mobil. Adanya tambahan baru berupa Konektivitas Continental cloud lebih efektif dalam menjangkau dan melindungi lebih banyak pengguna jalan. Antara lain pejalan kaki, pengendara sepeda, pengendara skuter, dan pengguna jalan lain.

Saat ini solusi ini masih dalam tahap pengujian langsung sebagai bagian dari proyek percontohan di Hamburg. Continental berharap sistem peringatan tabrakannya akan tersedia untuk peluncuran massal mulai 2024.

Komentar