alexametrics

Mobil Berpenggerak Roda Depan atau Belakang? Pilih Sesuai Peruntukannya

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mobil Berpenggerak Roda Depan atau Belakang? Pilih Sesuai Peruntukannya
Ilustrasi tuas persneling mobil, distribusi tenaga untuk roda disesuaikan sistem gerak yang dimilikinya [Shutterstock].

Ingin kabin mobil senyap atau lebih lincah menanjak? Pilihan yang berat, baca dahulu plus dan minus dua sistem penggerak ini.

Suara.com - Tenaga mesin disalurkan ke ban mobil melalui sistem penggerak. Secara garis besar, sistem penggerak yang umum ada dua jenis. Pertama adalah gerak roda depan dan kedua adalah gerak roda belakang.

Penerapan sistem penggerak ini dilatari peruntukan dan kebutuhan kendaraan yang dipasarkan carmaker.

Sebagai wacana, berikut adalah penjelasan dari kedua sistem penggerak tadi dari Auto2000, berikut poin plus dan minusnya.

Penggerak Roda Depan

Baca Juga: Toyota Avanza Anyar Diduga Beralih ke Sistem Penggerak Roda Depan, Apakah Keuntungannya?

Sistem penggerak roda depan atau disingkat FWD (Front- Wheel Drive) banyak dipakai oleh kendaraan kompak atau perkotaan, di mana tenaga dari mesin akan disalurkan melalui kedua roda depan.

Sistem ini memiliki keunggulan terbesar dalam hal efisiensi lantaran posisi mesin, girboks dan as roda searah dan semuanya berada di depan.

Pada gerak roda depan, konsumsi bensin lebih irit karena tidak banyak tereduksi [Shutterstock].
Pada gerak roda depan, konsumsi bensin lebih irit karena tidak banyak tereduksi [Shutterstock].

Respons mesin tersalurkan dengan lebih optimal dan membuat konsumsi bensin lebih irit lantaran tenaga tidak banyak tereduksi mengingat komponen penggeraknya lebih sedikit.

Karena konstruksinya lebih ringkas dan kompak, maka bobot keseluruhan mesin hingga as roda dapat dipangkas supaya lebih ringan.

Selain itu, posisi mesin pada penggerak roda depan umumnya melintang (tranverse) yang memberi dampak ruang mesin dapat didesain lebih kompak guna membuat kabin lebih lega.

Baca Juga: Gunakan Sistem FWD Tak Kuat Nanjak? Tak Hanya Mobil, Skill Pengemudi Dibutuhkan

Dengan dimensi yang sama dibandingkan mobil bersistem gerak RWD (Rear-Wheel Drive), kabin mobil FWD bakal lebih luas dan nyaman.

Komentar