alexametrics

Bedah Desain All-New Daihatsu Xenia: Black is the New Chrome

RR Ukirsari Manggalani
Bedah Desain All-New Daihatsu Xenia: Black is the New Chrome
All-New Daihatsu Xenia di GIIAS 2021 [Suara.com/CNR ukirsari].

Daihatsu mempersembahkan produk yang sangat Indonesia.

Suara.com - Berbincang tentang sebuah mobil, unsur desain menempati porsi penting. Selera masyarakat akan suatu hal yang khas serta menjadi bagian dari identitas turut memberikan kontribusi. Hal ini bisa dirasakan pada All-New Daihatsu Xenia yang muncul perdana di GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021, ICE BSD Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Sebagai produsen, PT Astra Daihatsu Motor menggelar sesi bincang-bincang dengan tim desainer yang menggarap mobil kategori Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV) ini.

"All-New Daihatsu Xenia memiliki citarasa sangat Indonesia, hal ini bisa disimak dari desainnya, yang mana kami semua, tim desain ini berjuang di hadapan prinsipal Jepang agar selera nasional kita dibolehkan untuk diterapkan," papar Amelia Tjandra,  Marketing  Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca Juga: GIIAS 2021 Dibanjiri Produk Baru, Ini Daftar Lengkap Mobil Test Drive

Kepada Suara.com diungkapkannya saat pihak prinsipal memberikan desain baru All-New Daihatsu Xenia.

"Desain Jepang didasarkan kepada selera masyarakat sana. Mereka suka yang simpel, tanpa lekukan-lekukan. Terus-terang saya bilang: bila seperti ini tampilannya, penerimaan masyarakat Indonesia  akan berbeda. Kami perlu produk di mana rasa Indonesia atau lokal terasa kental. Yang sesuai selera orang-orang kita sendiri," paparnya.

Dan tim desain PT ADM pun berjuang menyakinkan karya mereka memiliki peluang untuk diterapkan di produk All-New Daihatsu Xenia untuk pasar Indonesia. Hal ini didukung oleh pihak Jepang, sehingga produk yang ditampilkan di ajang GIIAS 2021 ditujukan khusus bagi konsumen Tanah Air.

Antara lain desain grille yang tidak melibatkan krom. Padahal sentuhan warna inilah yang mampu menghadirkan kesan luxury. Maka, tagline untuk tampilan depan All-New Daihatsu Xenia ini adalah "Black is the New Chrome".

Artinya, tanpa aksen krom, tampilan tetap seru dengan nuansa yang bisa diterima selera masyarakat kita.

Baca Juga: Mitsubishi Luncurkan Fuso New Mining Spec di GIIAS 2021

Kemudian sentuhan warna merah, yang dijuluki sebagai "D-red alert". Tidak sebatas stiker namun diterapkan langsung pada sektor operasional di kabin. Antara lain muncul di tombol start/stop, sampai jahitan atau stitching pada gear-knob.

Meluncur di hari pembukaan GIIAS 2021 (11/11/2021), All-New Daihatsu Xenia adalah pembaruan sejak lahir 18 tahun silam. Telah terjual 683 ribu unit di Indonesia sampai sekarang, produk ini adalah generasi ketiga Xenia.

Bincang-bincang seru tentang All-New Daihatsu Xenia di GIIAS 2021 [Suara.com/CNR ukirsari].
Bincang-bincang seru tentang All-New Daihatsu Xenia di GIIAS 2021 [Suara.com/CNR ukirsari].

Adapun platform yang digunakan berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), atau platform terbaru Daihatsu yang dikembangkan dengan konsep: Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau, Teknologi Terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Dalam kesempatan sama, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Division Head, PT Astra International Daihatsu Sales Operation (DSO) mengungkapkan target market All-New Daihatsu Xenia adalah 2.500 unit per bulan.

Spesifikasi All-New Daihatsu Xenia:

  • Kategori: Low MPV berkapasitas 7 penumpang
  • Dua pilihan mesin: 1.3L dan 1.5L berteknologi NR-VE Dual VVT-i, serta transmisi CVT
  • Fitur keamanan:  spesial tertinggi dan pertama di kelasnya, yaitu Daihatsu A.S.A (Advances Safety Assist), ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag, Window Jam Protection, Immobilizer, serta Rear parking Camera & 360 degrees Around View Monitor untuk memudahkan visibilitas pengendara saat bermanuver mundur.
  • Desain: Lampu LED yang modern, serta polished alloy wheel yang sporty, menghadirkan tampilan futuristik.
  • Kabin: kabin dan bagasi yang luas, 3 baris kursi fleksibel yang bisa disesuaikan menjadi "sofa mode" untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh.
  • Ground clearance: 205 mm
  • Radius putar: 4,9 m
  • Varian: 12
  • Warna: tujuh pilihan
  • Harga: simak langsung di situs Daihatsu Indonesia

Komentar