alexametrics

Mitsubishi Optimistis Xpander Dapat Insentif Karbon Terbaik

Liberty Jemadu
Mitsubishi Optimistis Xpander Dapat Insentif Karbon Terbaik
Mitsubishi New Xpander saat dipamerkan dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Senin (15/11/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Mitsubishi Xpander dibekali teknologi Exhaust Gas Recirculation untuk mengurangi emisi gas buang.

Suara.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yakin akan mendapatkan insentif karbon dengan nilai yang baik untuk model New Xpander dan New Xpander Cross.

Sebelumnya, pemerintah menyiapkan perubahan skema insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) menjadi pajak karbon guna mendorong produksi dan ekspor industri otomotif, khususnya pada kendaraan emisi rendah.

Dua mobil anyar yang diluncurkan MMKSI pada bulan lalu itu telah dilengkapi fitur baru pada mesin berupa Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

General Manager Product Strategy Division PT MMKSI, Guntur Harling, mengatakan bahwa EGR merupakan hal baru pada mesin New Xpander yang menggunakan basis mesin MIVEC DOHC 16 Valve 1.500 cc. Mesin itu juga telah memenuhi standar emisi Euro 4.

Baca Juga: Mitsubishi Yakin Xpander dan Xpander Cross Lulus Uji Emisi

"Untuk menghasilkan emisi yang lebih baik, meskipun memakai basis mesin yang sama, tapi ada sistem yang disematkan, yakni EGR (Exhaust Gas Recirculation), yang membuat exhaust emisi ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar yang maksimal," kata Guntur Harling seperti dilansir dari Antara, Senin (29/11/2021).

Penggunaan EGR sejalan pula dengan keinginan pemerintah dalam menekan emisi gas buang kendaraan, karena fitur itu dapat mengembalikan sebagian gas sisa pembakaran ke intake manifold.

Terkait dengan emisi gas buang, Guntur menjelaskan bahwa MMKSI juga mendaftarkan New Xpander dan New Xpander Cross ke Kementerian Perhubungan untuk uji emisi.

"Seluruh tipe Xpander dan Cross sudah didaftarkan untuk pengujian CO2 dan kami sudah dalam antrian di Kementerian Perhubungan. Antriannya panjang, tapi kami berharap segera melakukan uji emisi," kata Guntur.

Selain penambahan EGR untuk emisi yang lebih baik, New Xpander dan New Xpander Cross telah memakai transmisi CVT baru yang menggantikan transmisi AT konvensional sehingga bahan bakar lebih efisien dan meningkatkan kenyamanan berkendara karena tidak ada hentakan persneling. Sedangkan pada suspensi, MMKSI meningkatkan kapasitas Rear Shock-absorber Xpander memakai jenis yang dengan Pajero Sport.

Baca Juga: Mitsubishi Pastikan Paket Smart Tetap Tersedia untuk Xpander dan Xpander Cross

Komentar