alexametrics

Ini Dia Fungsi Baut dan Mur yang Bisa Anda Ketahui

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Ini Dia Fungsi Baut dan Mur yang Bisa Anda Ketahui
Baut. (Freepix)

Baut tipe U bisa digunakan untuk kebutuhan pipa air atau pipa gas.

Suara.com - Baut dan mur menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kebutuhan sehari-hari, mulai dari perabotan rumah tangga hingga profesional yang bekerja dengan alat teknik seperti di industri manufaktur, konstruksi maupun otomotif. Baut sendiri merupakan suatu batang atau tabung yang memiliki bentuk alur helix atau tangga spiral di bagian permukaannya yang digunakan sebagai pengikat dan penghubung antara dua komponen.

Di pasaran terdapat banyak sekali tipe dan jenis baut, pada artikel ini kami akan mengulas lebih detail mengenai jenis dan fungsi dari baut dan mur.

Fungsi Baut Berdasarkan Jenisnya

Memiliki berbagai fungsi sesuai dengan jenis atau tipenya. Adapun berikut ini merupakan beberapa jenis baut beserta fungsinya, yaitu:

Baca Juga: Tujuh Tahun Indonesia Dipimpin Presiden Jokowi, Begini Catatan Kinerja Sektor Industri

1. Carriage Bolt

Mur dan baut memiliki jenis yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, harga baut dan mur juga berbeda-beda. Untuk jenis baut pertama yang cukup populer yaitu Carriage bolt.

Carriage bolt memiliki bentuk seperti kubah dengan segi empat. Fungsi baut ini sendiri yaitu untuk mempererat komponen yang disambungkan.

2. Stud Bolt

Jenis baut selanjutnya yaitu stud bolt yang tidak mempunyai kepala di kedua ujungnya atau hanya berbentuk ulir saja. Penggunaan ulir baut ini yaitu ditanam di bagian komponen dan berfungsi sebagai suku cadang serta perlengkapan mesin. Baut ini tersedia dalam berbagai ukuran dan bisa dikombinasikan dengan mur.

Baca Juga: Gesits Siap Hadirkan Dua Model Motor Listrik Baru di Indonesia

3. U Bolt

Komentar