alexametrics

IONITY Siap Perluas Jaringan Pengisian Ulang Baterai Mobil Listrik Hingga 7.000 Titik

RR Ukirsari Manggalani
IONITY Siap Perluas Jaringan Pengisian Ulang Baterai Mobil Listrik Hingga 7.000 Titik
Jaringan stasiun pengisian daya kendaraan listrik IONITY di Eropa [Hyundai via ANTARA].

Di masa depan, penyedia layanan pengisian baterai mobil EV akan hadir di banyak negara dan titik.

Suara.com - IONITY, penyedia fasilitas pengisian ulang baterai Electric Vehicle (EV) atau mobil listrik dengan saham dimiliki BMW Group, Mercedes-Benz AG, Ford Motor Company, Hyundai Motors dengan KIA, Volkswagen Group dengan Audi dan Porsche, akan segera bergabung ke perusahaan investasi BlackRock.

Dikutip dari kantor berita Antara, IONITY sebagai perusahaan jaringan pengisian daya berkinerja tinggi bersiap memperluas titik pengisian. Bila saat ini tersedia 1.500 unit, pada 2025 diharapkan mencapai 7.000 titik.

Jaringan IONITY menggunakan standar pengisian daya Eropa, Combined Charging System (CCS). Teknologi 800 volt di stasiun pengisian berarti bahwa jaringan dapat digunakan untuk mengisi daya Porsche Taycan dengan potensi penuh hingga 270 kW.

New Porsche Taycan Cross Turismo [Porsche via ANTARA].
New Porsche Taycan Cross Turismo dan recharger baterai. Sebagai ilustrasi [Porsche via ANTARA].

Dengan menggunakan Layanan Pengisian Porsche, pengemudi Taycan juga mendapatkan keuntungan dari harga standar dan diskon signifikan di stasiun pengisian daya cepat IONITY, yang saat ini bernilai 0,33 Euro per kilowatt jam.

Baca Juga: Toyota Siapkan Teknologi Baterai Baru untuk Jajaran Mobil Hybrid Masa Depan

"Kami melihat peningkatan yang jelas dalam elektromobilitas dan yang terkait infrastruktur pengisian daya berkinerja tinggi," jelas Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif di Porsche AG, dalam siaran pers, yang dikutip Selasa (30/11/2021).

"Di Porsche, 50 persen mobil yang dikirim ke seluruh dunia pada 2025 diharapkan sebagian atau seluruhnya mengandalkan tenaga listrik--lebih dari 80 persen pada akhir dekade ini," imbuhnya.

Titik pengisian IONITY akan dibangun di jalan raya Eropa, juga di dekat kota-kota besar dan di sepanjang jalan utama. Lokasi selanjutnya di masa yang akan datang akan dibangun dengan enam hingga dua belas titik pengisian.

IONITY bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan layanan secara signifikan. Sehingga nantinya akan didesain Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terpadu, dilengkapi taman, unit pengisian, hingga tempat bersantap dan berbagai toko.

Baca Juga: Pemerintah Berharap Mercedes-Benz Bisa Ekspor Mobil Buatan Indonesia

Sementara itu, Porsche sendiri juga menyiapkan Porsche Destination Charging yang memberikan pengemudi akses ke titik pengisian daya di seluruh dunia. Layanan terhubung kepada berbagai penyedia, termasuk IONITY.

Kekinian, tersedia hampir 200.000 titik pengisian daya terhubung di Eropa, di 20 negara. Hal itu termasuk sekitar 6.500 titik pengisian dengan kapasitas pengisian lebih dari 50 kW DC.

Program ini sekarang menyediakan lebih dari 2.700 titik pengisian AC di lebih dari 70 negara. Termasuk hotel, restoran, bandara, pusat perbelanjaan, klub olah raga, sampai marina.

Komentar