alexametrics

Mobile Laboratorium PCR Kemendagri Tiba, Gubernur Riau Beri Contoh Ikuti Tes Swab COVID-19

RR Ukirsari Manggalani
Mobile Laboratorium PCR Kemendagri Tiba, Gubernur Riau Beri Contoh Ikuti Tes Swab COVID-19
Gubernur Riau H Syamsuar lakukan test swab PCR di Mobile Laboratorium Polymerase Chain Reaction Test Kemendagri, di halaman Gedung Daerah Riau, Senin (06/12/2021) [ANTARA Foto].

Kendaraan ini dalam satu kali proses mampu memeriksa 24 sampel tes swab PCR.

Suara.com - Mobile Laboratorium Polymerase Chain Reaction Test Kementerian Dalam Negeri tiba di halaman Gedung Daerah Riau, pada Sabtu (4/12/2021).

Adapun fasilitas yang dimiliki kendaraan kategori commercial vehicle ini diselaraskan kebutuhan. Yaitu tersedia ruang pemeriksaan swab, ruang specimen, ruang amplifikasi, dan ruang genset.

Dikutip dari kantor berita Antara, Gubernur Riau H Syamsuar melakukan tes swab PCR perdana pada Senin (6/12/2021). Setelah itu ada 24 pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan pejabat mengikuti kegiatan ini.

Pemprov Riau menerima satu mobil Lab PCR COVID-19 [ANTARA/HO-Diskominfotik Riau].
Pemprov Riau menerima satu mobil Lab PCR COVID-19 [ANTARA/HO-Diskominfotik Riau].

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, dr Yohanes di Pekanbaru, mengatakan bahwa mobil bantuan Kemendagri itu dalam satu kali proses mampu memeriksa 24 sampel tes swab PCR. Kemudian, hasilnya bisa diketahui lebih cepat yaitu setelah 1 jam 30 menit.

Baca Juga: Garda Oto Peroleh Tiga Penghargaan, Buktikan Mutu Pelayanan yang Konsisten

"Operasional mobil Laboratorium PCR akan dilakukan secara mobile di kabupaten dan kota yang belum memiliki Laboratorium PCR. Selain itu, untuk daerah yang mengalami lonjakan kasus COVID-19," jelas dr Yohanes.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan, dr Yohanes menyebutkan syarat agar mereka memiliki kartu identitas dan surat keterangan dari Puskesmas.

Sebelumnya Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri, Heru Cahyono menyampaikan bahwa hadirnya mobil laboratorium PCR ini diharapkan bisa membantu pemeriksaan sample swab di daerah, khususnya di daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

"Mobil ini telah ditempatkan di Kalimantan Barat dan Riau. Hasil pemeriksaannya lebih cepat. Semoga kehadiran mobil PCR ini bisa membantu pemeriksaan sample swab di daerah, khususnya di perbatasan negara tetangga," papar Heru Cahyono.

Baca Juga: Kona Electric Jadi Mobil Listrik Hyundai Paling Laris di GIIAS 2021

Komentar