facebook

Populer di Kalangan Pencinta Mobil, Ini Pengertian JDM di Dunia Otomotif

Cesar Uji Tawakal
Populer di Kalangan Pencinta Mobil, Ini Pengertian JDM di Dunia Otomotif
Ilustrasi mobil JDM. (pixabay.com)

Pengertian JDM di dunia otomotif seringkali di salah artikan. Simak ulasan singkat ini untuk penjelasannya!

Suara.com - Pernahkah Anda mendengar apa itu JDM dalam dunia otomotif? Mungkin Anda yang sering mengoprek mesin atau tampilan, tak asing dengan istilah ini. Tapi sebenarnya pengertian JDM di dunia otomotif banyak disalahpahami, sehingga maknanya bergeser.

Meski demikian tak ada salahnya juga Anda memberi sebutan atau julukan JDM pada mobil atau model modifikasi tertentu. Tapi akan lebih baik jika Anda mengetahui apa sebenarnya makna JDM di dunia otomotif secara benar.

Pengertian JDM di Dunia Otomotif

Secara langsung, JDM sebenarnya adalah singkatan dari Japanese Domestic Market. Mobil yang diberikan label ini adalah mobil yang secara khusus hanya dipasarkan di area domestik Jepang, dan karena berbagai alasan tak bisa dipasarkan di luar Jepang, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Keren! Kemenparekraf Luncurkan Mobil Vaksin Keliling Demi Sukseskan MotoGP Mandalika

Alasan paling umum mengapa mobil-mobil JDM tak bisa dipasarkan di luar Jepang salah satunya adalah terkait regulasi dan spesifikasi mesin. Karena perbedaan standar dan regulasi, apa yang beredar di Jepang tak selalu sesuai standar dengan apa yang boleh beredar di pasar Indonesia.

Modifikasi ala JDM

Secara jelas sudah disebutkan, bahwa mobil dengan karakter JDM adalah mobil yang secara khusus diproduksi dan dipasarkan di area domestik Jepang saja. Maka kebanyakan mobil dengan sebutan JDM di luar Jepang, biasanya tak sepenuhnya berarti mobil itu adalah JDM.

Biasanya model ini adalah model yang kemudian menggunakan sparepart atau tampilan mirip dengan mobil-mobil JDM, sehingga dapat menyerupai mobil JDM pada umumnya. Mobil modifikasi ini disebut dengan JDM Look, atau mobil modifikasi bertema JDM.

Lalu Apakah Tak Mungkin Ditemukan di Luar Jepang?

Baca Juga: Viral Detik-detik Mobil Jalan Sendiri dan Tabrak Wanita hingga Terjepit Pagar

Special Edition, New Toyota GR Supra  [PT Toyota–Astra Motor]
Special Edition, New Toyota GR Supra [PT Toyota–Astra Motor]

Sebenarnya mungkin saja mobil JDM ini ditemukan di luar Jepang, ketika standar regulasi yang digunakan sudah sama dengan apa yang diterapkan di Jepang, tempat mobil ini dipasarkan. Namun demikian hal ini jarang terjadi. 

Jika ada orang yang dengan sengaja mengirim mobil ini dari Jepang, dalam artian mengimpornya, biasanya kondisi mesin sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan negara asal, sehingga tetap memenuhi persyaratan dan regulasi yang berlaku di negara tujuan.

Itu tadi sedikit pengertian JDM di dunia otomotif yang bisa kami bagikan. Tentu, karakter mobil yang khas dengan performanya yang menawan, membuat mobil Jepang ini jadi idaman. Tapi ada regulasi jelas yang menjadi acuan edar mobil, sehingga tetap harus dipatuhi dengan baik.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar