facebook

Hadir di Nusa Dua Bali, Menhub Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik Menyambut KTT G20 2022

RR Ukirsari Manggalani
Hadir di Nusa Dua Bali, Menhub Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik Menyambut KTT G20 2022
Genesis G80 terpilih sebagai official car KTT G20 Bali 2022 [genesis.com].

kendaraan listrik Pulau Dewata bersiap untuk pelaksanaan KTT G20 di Denpasar tahun ini.

Suara.com - Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 2022 siap dilaksanakan di Bali. Presiden Joko Widodo telah melakukan "promosi" saat melakukan inspeksi Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat beberapa saat lalu. Yaitu lewat jaket yang dikenakannya saat menggeber Kawasaki W175. Bertuliskan semboyan "Recover Together, Recover Stronger".

Bagaimanakah persiapannya di sektor kendaraan terelektrifikasi?

Genesis G80 Electric siap mengantar para tamu kepala negara. Sementara lapis kedua menggunakan Hyundai Ioniq. Sedangkan komuter bandara I Gusti Ngursah Rai Denpasa ke venue menggunakan bus listrik dari Kementerian Perhubungan.

Damri menguji bus listrik di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Kamis (25/11/2021). [Antara]
Damri menguji bus listrik di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Kamis (25/11/2021).  Sebagai ilustrasi [Antara]

Dikutip dari kantor berita Antara, saat menghadiri kegiatan "Dukungan Ekosistem Kendaraan Listrik Provinsi Bali Menuju G20" yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center, Minggu (23/1/2022), Menteri Perhubungan menyatakan hal ini.

Baca Juga: Persiapan KTT G20 2022 di Bali, Bus Listrik Jadi Sarana Transportasi Komuter dari Bandara ke Venue

"Kegiatan hari ini sangat relevan dalam upaya kita mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik secara masif di Indonesia," jelas Budi Karya Sumadi dalam keterangannya.

"Sebagaimana arahan bapak Presiden RI Joko Widodo, kami akan memberikan dukungan transportasi yang ramah lingkungan, sebagai wujud komitmen Indonesia pada penanganan perubahan iklim yang menjadi isu global saat ini," ungkapnya.

Menteri Perhubungan juga terus mendorong semua pihak, termasuk para pelaku usaha transportasi massal swasta untuk menggunakan kendaraan listrik, juga terus berupaya mewujudkan ekosistem kendaraan listrik yang baik misalnya manajemen baterai, tempat pengisian daya (charging), harga yang terjangkau, dan lain sebagainya.

"Kami terus mendorong agar tingkat keekonomian kendaraan listrik ini semakin baik ke depannya, sehingga lebih ekonomis dan lebih masif penggunaannya. Dengan menggunakan kendaraan listrik lingkungan menjadi bersih, dan kita menjadi bangsa yang masyhur, yang dikenal peduli terhadap lingkungan," kata Menteri Perhubungan.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati saat melepas konvoi kendaraan listrik di Lapangan Timur Niti Mandala Renon Denpasar, Minggu (9/1/2021). [ANTARA/HO-Pemprov Bali]
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati saat melepas konvoi kendaraan listrik di Lapangan Timur Niti Mandala Renon Denpasar, Minggu (9/1/2021). [ANTARA/HO-Pemprov Bali]

Kementerian Perhubungan juga terus berkomitmen mendorong penggunaan kendaraan listrik secara massal, sebagai bentuk dukungan dan ajakan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, mengoptimalkan pembangunan berkelanjutan, serta mengurangi dan mengendalikan emisi Gas Rumah Kaca.

Baca Juga: Populer di Kalangan Pencinta Mobil, Ini Pengertian JDM di Dunia Otomotif

Beberapa upaya yang telah dilakukan Kemenhub untuk mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik secara massal yaitu, memberikan insentif berupa penurunan tarif uji tipe untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

 Presiden Joko Widodo bersama Jay Chang berfoto bersama di depan Genesis G80 [ANTARA/Ho]
Presiden Joko Widodo bersama Jay Chang berfoto bersama di depan Genesis G80 [ANTARA/Ho]

Selain itu, untuk mendukung kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, pada 17 Januari 2022 telah dilaksanakan touring dari Jakarta menuju Jambi menggunakan kendaraan listrik.

Sementara itu, "Dukungan Ekosistem Kendaraan Listrik Provinsi Bali Menuju G20" adalah kegiatan hasil kolaborasi dari Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Bali, Grab Indonesia, Intelligent Transport System (ITS) Indonesia, dan World Resources Institute (WRI) Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum KADIN Indonesia Arsyad Rasyid; Presiden ITS Indonesia William Sabandar; Presiden Grab Indonesia Rizky Kramadibrata; Direktur WRI Indonesia Tjokorda Nirarta Samadi, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gede Wayan Samsi Gunarta.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar