facebook

Kenalan Sama Aliran Modifikasi Thailook: Ini Ciri Khasnya, Cuma Cocok untuk Kontes?

Cesar Uji Tawakal
Kenalan Sama Aliran Modifikasi Thailook: Ini Ciri Khasnya, Cuma Cocok untuk Kontes?
Ilustrasi modifikasi motor. (pixabay.com)

Modifikasi aliran thailook belakangan jadi tren yang diminati banyak orang. Mari sekilas mengenal aliran modifikasi ini!

Suara.com - Selain modifikasi mobil, ada juga tren modifikasi motor yang tak kalah seru. Aliran modifikasi thailook misalnya, adalah salah satu aliran yang dianggap menarik oleh banyak orang, karena tampilan mencolok dan effort yang diberikan sangat kecil.

Thailook seperti namanya, merupakan aliran modifikasi khas Thailand yang belakangan populer di tanah air. Tren ini dimulai di negeri Gajah Putih, dan mendapat animo yang tinggi dari pemuda dan pemudi pegiat modifikasi motor di sana.

Mengenal Aliran Modifikasi Thailook

Seperti style modifikasi pada umumnya, thailook juga memiliki tampilan khas yang selalu ada di setiap unit motor yang menganut aliran ini. Pertama, adalah bagian badan akan terlihat mengkilat, mencolok, dan berwarna cerah serta tajam.

Baca Juga: Catat! Melon Indonesia Resmi Jual Tiket untuk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika

Kedua, modifikasi pada bagian stripping yang juga khas Thailand. Bingung memikirkannya? Anda bisa langsung mendatangi bengkel modifikasi dan menanyakan stripping khas Thailand di sana. Montir dan penjaga toko pasti akan langsung paham.

Ketiga, ground clearance yang rendah, membuat motor memiliki tampilan ceper yang khas. Penggunaan roda atau ban tipe ramping jadi ciri selanjutnya, untuk mendapatkan tampilan yang unik ini.

Terakhir yang mungkin paling tampak dari motor dengan modifikasi thailook ini adalah bahwa banyak bagian dari badan motor yang dipotong, merampingkan, dan dirombak sedemikian rupa sehingga motor terlihat lebih ramping. Tujuannya adalah agar mengurangi beban kendaraan, sehingga motor bisa melaju lebih cepat dalam ajang balapan.

Apakah Modifikasi Ini Aman?

Modifikasi kendaraan mirip dengan Suzuki Satria (Facebook)
Ilustrasi motor thailook yang sempat viral. (Facebook)

Secara teori, dari segi tampilan, aliran modifikasi thailook akan memberikan kesan yang heboh dan ramai pada unit motornya. Banyak bagian dirampingkan, dan diganti dengan sparepart khusus, sehingga motor yang dimiliki benar-benar menjadi sangat ringan.

Baca Juga: Cara Mudah Menyetel Rantai Motor Sendiri di Rumah, Begini 5 Langkahnya

Namun demikian dari segi keamanan hal ini sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan. Pabrikan motor mendesain motor sedemikian rupa agar memiliki keseimbangan dan faktor keamanan yang terukur. Ketika modifikasi dilakukan tanpa perhitungan, otomatis akan banyak standar yang hilang. Paling jelas, mengenai titik keseimbangan dan berat motor yang jauh berkurang karena modifikasi ini.

Meski demikian aliran modifikasi thailook tetap memiliki penggemar setia di berbagai daerah di Indonesia. Tampilan yang mencolok dan biaya yang terbilang terjangkau jadi alasan utamanya. Semoga artikel singkat ini bisa berguna, dan selamat beraktivitas kembali.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar