facebook

Ajukan Paten Baru, Suzuki Siapkan Burgman Versi Listrik?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ajukan Paten Baru, Suzuki Siapkan Burgman Versi Listrik?
Suzuki Burgman Fuel Cell Concept bertenaga hidrogen. Sebagai ilustrasi [Shutterstock]

Ditengarai proyek pembuatan produk tenaga listrik membuat Suzuki angkat kaki dari MotoGP.

Suara.com - Suzuki diketahui telah mengajukan gambar paten untuk sepeda motor listrik pertamanya. Dari gambar yang dipublikasikan pada laman Cycle World, menunjukkan versi listrik itu adalah skuter Suzuki Burgman. Terlihat dari desain yang diajukan merujuk pada versi mesin 125cc.

Beberapa sumber berpendapat bila keputusan Suzuki pergi dari MotoGP salah satunya untuk lebih banyak melakukan investasi dalam pengembangan tenaga listrik. Pasalnya berada di belakang beberapa pesaingnya yang juga berasal dari Jepang.

Sebuah skuter Suzuki Burgman dipamerkan di Italia pada 2010 silam. [Shutterstock]
Suzuki Burgman dalam pameran EICMA, Milan, Italia [Shutterstock]

Diketahui Honda telah meluncurkan skuter listrik PCX, serta sepeda motocross listrik untuk anak-anak. Juga prototipe motocross listrik.

Sementara itu Kawasaki telah meluncurkan sepeda listrik untuk anak dan mulai dipasarkan. Sedangkan Yamaha memiliki pilihan skuter listrik di Eropa dan Asia.

Baca Juga: Ingin Meminang All-New Suzuki Ertiga Hybrid? Silakan Manfaatkan Layanan Tukar Tambah Ini

Suzuki Burgman 125 sendiri saat ini menggendong mesin bakar konvensional atau Internal Combustion Engine (ICE). Skutik tersebut bahkan sempat digadang akan dipasarkan di Indonesia.

Generasi paling baru dari Suzuki Burgman Street 125 sudah meluncur pada Februari lalu di Vietnam. Selain ubahan tampilan, beberapa fitur baru ditanamkan pada motor matik ini.

Rangka Suzuki Burgman mengemas mesin 125 cc SOHC, 2 katup, pendingin udara, pengabut injeksi, dan didukung teknologi SEP untuk efisiensi bahan bakarnya. Di atas kertas, motor ini mampu hempaskan tenaga maksimal 8,7 dk pada 6.750 rpm dan torsi puncak 10 Nm di 5.550 rpm.

Terkait konsumsi bahan bakarnya Suzuki Burgman Street mencatat angka efisiensi cukup baik yakni 42 km per liter.

Baca Juga: All-New Suzuki Ertiga Hybrid Jadi LMPV Pertama, Simak Teknologi MHEV yang Disandangnya

Menarik untuk ditunggu jika model ini nantinya akan menjadi versi listrik.

Komentar