Moeldoko : Mobil Listrik Tak Serumit yang Dipikirkan Masyarakat

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Moeldoko : Mobil Listrik Tak Serumit yang Dipikirkan Masyarakat
Ketua Periklindo, Moeldoko dan artis Uya Kuya menguji mobil listrik Wuling di pameran kendaraan listrik PEVS 2022 di Jakarta, Jumat (22/7/2022). [Antara]

Masyarakat mungkin sudah terlalu nyaman selama ini menggunakan mobil bensin.

Suara.com - Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Moeldoko mengungkapkan bila mobil listrik tidak serumit yang dibayangkan.

Menurutnya mobil listrik pada dasarnya simpel. Hanya saja masyarakat mungkin sudah terlalu nyaman selama ini menggunakan mobil bensin.

“Mobil listrik tidak seribet yang dipikirkan calon pengguna. Dengan datang ke sini (PEVS), melihat ke sini, sesungguhnya mobil listrik itu sangat simpel,” kata Moeldoko di sela membuka Periklindo Elecrtric Vehicle Show (PEVS), di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (23/7/2022).

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan RI ini menyampaikan bahwa mobil listrik dapat menjadi jawaban terhadap tantangan-tantangan global, seperti halnya krisis energi.

Baca Juga: Sebut Esemka Versi Jokowi Barang Rongsokan, Rocky Gerung: Yang Sekarang Pencitraan

Salah satunya seperti kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Kita lihat harga-harga komoditi energi kita meningkat luar biasa. Apakah itu gas, apakah itu minyaknya. Tidak bisa direm,” jelasnya.

Untuk itu, sambung Moeldoko, kuncinya adalah di sosialisi dan edukasi.

"Dengan PEVS inilah diharapkan masyarakat semakin memahami tentang mobil listrik," jelasnya.

Sederet produsen mobil turut berpartisipasi dalam PEVS 2022, menampilkan produk terbaru yang telah hadir,bahkan beberapa di antaranya akan diluncurkan.

Baca Juga: Beredar Penampakan Mobil Listrik Diduga Produksi Esemka, Politisi PBB: Itu Mobil China

Nama-nama seperti DFSK, Wuling, Benelli, hingga Rakata menjadi beberapa brand otomotif yang telah menyiapkan peluncuran kendaraan listrik selama PEVS 2022. [Antara]