Obituari Mantan Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan: Humoris, Rela Tidur di Mobil dan Suka Menyetir Sendiri

RR Ukirsari Manggalani
Obituari Mantan Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan: Humoris, Rela Tidur di Mobil dan Suka Menyetir Sendiri
Direktur Relawan BPN Prabowo - Sandiaga, Ferry Mursyidan Baldan. (Suara.com/Walda Marison)

JK mengenang sosok Ferry Mursyidan Baldan yang sangat akrab dengan mobil.

Suara.com - Kabar duka, telah berpulang Ferry Mursyidan Baldan, mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Dikutip dari kantor berita Antara, beliau disemayamkan di rumah duka di Jalan Anggrek Cendrawasih IX/24, Slipi, Jakarta Barat. Dengan jadwal dimakamkan di hari yang sama, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta.

Sosok pemerintahan yang takziah ke rumah duka di antaranya adalah Jusuf Kalla dan istri, serta anak dan menantu.

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi bertakziah ke rumah duka eks Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan di Kawasan Slipi, Jakarta Barat, Jumat (2/12/2022) malam. [Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden]
Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi bertakziah ke rumah duka eks Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan di Kawasan Slipi, Jakarta Barat, Jumat (2/12/2022) malam. [Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden]

Jusuf Kalla atau akrab disebut JK mengenang Ferry Mursyidan Baldan rela tidur di dalam mobil karena terlalu dini datang di suatu acara di kediamannya.

Baca Juga: Obituari Siswanto: Selamat Jalan, Sobat Pekerja Keras

"Pernah ada acara di rumah, acaranya jam tujuh malam, ia datang jam lima sore. Sambil menunggu, ia tidur menanti acara dimulai," kenang Jusuf Kalla.

Sehari sebelumnya, Kamis (1/12/2022) ia masih jumpa mendiang, saat Ferry Mursyidan Baldan menghadiri acara Palang Merah Indonesia (PMI) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

"Saya ketemu di acara Palang Merah, dan dia masih sehat. Saya kaget waktu dikabari dia sudah meninggal. Saya mendapat kabar pas baru pulang salat Jumat," jelas Jusuf Kalla.

"Dia (Ferry) sering bergurau. Kalau dia ada, suasana di PMI selalu ramai jadinya, dan dia memang selalu ke PMI," kenang Jusuf Kalla.

Ferry Mursyidan Baldan ditemukan meninggal di dalam mobil pada Jumat (2/12/2022) siang, di tempat parkir Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Persentase Tingkat Kepuasan Kinerja Presiden RI Joko Widodo Naik, Pengamat Berikan Tanggapan Hasil Survei

"Jenazah ditemukan siang sekitar pukul 13.43 WIB. Saat itu mobilnya terparkir di parkiran VIP Lobby Birawa Hotel Bidakara," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Almarhum dalam keadaan duduk di kursi pengemudi mobil Nissan Teana berwarna hitam nomor polisi B 1616 FH.

Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan almarhum berada di lokasi untuk menghadiri acara wisuda Akademi Bakti Kemanusiaan di Hotel Bidakara.

Menurut keterangan dari pihak keluarga, yang bersangkutan berada di sana pada Kamis, pukul 09.00 WIB.

Pihak keluarga juga menyebutkan almarhum Ferry Mursyidan Baldan mempunyai riwayat penyakit.

"Menurut keterangan saksi, almarhum ada riwayat penyakit hipertensi, gula, dan diabetes," lanjut Kombes Pol Endra Zulpan.

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan  tiba di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Jakarta,Jumat (13/11). [suara.com/Oke Atmaja]
Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan tiba di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Jakarta,Jumat (13/11). [suara.com/Oke Atmaja]

Ferry Mursyidan Baldan lahir di Jakarta pada 16 Juni 1961. Ia menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional periode 27 Oktober 2014-27 Juli 2016. Ferry Mursyidan juga Anggota Komisi II DPR RI periode 2004-2009 sekaligus Ketua Pansus Rancangan Undang-Undang Pemilu.

Turut hadir di rumah duka adalah Presiden RI Joko Widodo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Ahmad Riza Patria, Sudirman Said, Jusuf Kalla, dan para tokoh lainnya.

Selamat jalan menuju peristirahatan abadi, Pak.