Sambut Mudik Lebaran 2023, Astra Daihatsu Kolaborasi dengan GT Radial Gelar Auto Clinic untuk Komunitas

RR Ukirsari Manggalani
Sambut Mudik Lebaran 2023, Astra Daihatsu Kolaborasi dengan GT Radial Gelar Auto Clinic untuk Komunitas
Daihatsu memberikan layanan gratis pengecekan 21 items kepada peserta [PT ADM].

Daihatsu dan GT Radial berbagi tips lewat instruktur SDCI, serta sediakan Pengecekan 21 Item bagi peserta.

Suara.com - Akhir pekan lalu, Minggu (19/3/2023), Daihatsu berkolaborasi dengan GT Radial menggelar Auto Clinic di outlet Astra Daihatsu Karawang, Jawa Barat.

Dikutip dari rilis resmi Daihatsu sebagaimana diterima Suara.com, acara ini bertujuan memberikan tips berkendara aman utamanya dalam menyambut mudik dan balik Lebaran 2023. Tips diberikan oleh Sony Susmana, Senior Instructure Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI). Sedangkan peserta berasal dari 21 Sahabat Klub yang tergabung sebagai komunitas resmi binaan Daihatsu.

Selain berbagi tips berkendara aman, acara ini menjadi ajang silaturahmi bagi antaranggota klub,serta jajaran Daihatsu. Juga diberikan servis cepat Pengecekan 21 item secara gratis kepada 73 anggota klub yang hadir.

Suasana sharing edukasi berkendara aman oleh Daihatsu [PT ADM].
Suasana sharing edukasi berkendara aman oleh Daihatsu [PT ADM].

"Program Edukasi ini merupakan salah satu komitmen kami kepada pelanggan setia Daihatsu, khususnya Sahabat Klub. Dengan memberi pengetahuan tentang Safety Driving, kami ingin mencetak sebanyak mungkin pelopor keselamatan berlalu lintas. Semoga sharing ini dapat bermanfaat dan diterapkan oleh para pelanggan," sambut Ben Faqih, People Development Department Head PT Astra Daihatsu Motor.

Baca Juga: Jangan Ketinggalan, Daihatsu Urban Fest Hadir di Summarecon Mall Bekasi Sampai Esok

Tradisi mudik menggunakan mobil pribadi sudah sedemikian kental dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Daihatsu menuturkan bahwa pelanggan perlu mengetahui memahami sederet hal agar perjalanan bisa aman dan nyaman.

Sony Susmana menyatakan bahwa memuat dan membawa barang bawaan selama berkendara perlu memperhatikan beberapa hal. Seperti faktor internal dalam memahami cara mangatur dan meletakkan barang terkait dengan beban dan dimensi barang yang layak dibawa dengan kendaraa. Sedangkan faktor eksternal, seperti kondisi cuaca, medan jalan, hingga kemampuan kendaraan membawa beban juga perlu dipahami.

Dalam menghadapi kedua faktor tadi, penting dilakukan untuk selalu mempertimbangkan dimensi barang bawaan. Pastikan jenis dan dimensi barang yang dimuat dalam keadaan aman; muatan tidak menghalangi visibilitas pengemudi dan pengendara lain; tidak bermuatan berlebih; kenali kemampuan dalam berkendara dan kemampuan kendaraan yang digunakan; selalu jaga jarak. Pasalnya, dengan membawa muatan pastinya membutuhkan usaha pengereman yang lebih bila terjadi kondisi yang memaksa melakukan pengereman mendadak; serta selalu pastikan kondisi ban dalam kondisi prima karena bagian utama dalam menyangga beban.

Beberapa model Daihatsu memiliki fitur keselamatan yang lengkap dalam mendukung keamanan berkendara terutama saat membawa beban, seperti fitur HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ABS (Anti-Lock Brake System), dan EBD (Electronic Brake Distribution).

Jadi, para calon pemudik hendaknya menerapkan standar keamanan ini agar perjalanan bisa berlangsung aman dan menyenangkan.

Baca Juga: Penjualan Produk Daihatsu Empat Bulan Pertama 2023 Tembus 71 Ribu Unit