alexametrics

Mirisnya Nasib Tenaga Non PNS Meranti, Bulan Ini Gaji Dipangkas, Desember

Mirisnya Nasib Tenaga Non PNS Meranti, Bulan Ini Gaji Dipangkas, Desember

Kebijakan terbaru Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil, mengenai belanja jasa pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja tahun anggaran 2021 seolah menjadi mimpi buruk bagi pegawai non PNS. Bagaimana tidak, honor yang biasa diterima Rp 1,2 juta menjadi Rp 780 ribu per bulannya.

Tak sampai disitu saja. Mimpi buruk itu pun bertambah dan akan menjadi kenyataan setelah bupati Adil berjanji akan memberhentikan tenaga non PNS yang sering disebut tenaga honor pada bulan Desember 2021.

Gaji tenaga non PNS dengan nominal yang baru dipangkas sekitar 35 persen itu mulai berlaku sejak Juli 2021. BPKAD pun telah mengimbau ke tiap OPD untuk segera mengajukan pencairan honor sesuai dengan angka yang baru tersebut.

Kebijakan ini sangat tidak sejalan dengan janji politik pasangan HM Adil - H Asmar saat sebelum pencoblosan kemarin. Dalam debat publik yang digelar KPU di Hotel Grand Meranti Jalan Kartini Selatpanjang, HM Adil tegas menjanjikan gaji honorer akan dinaikkan dari Rp1,2 juta (zaman Bupati Irwan Nasir) menjadi Rp2 juta per bulannya.

Terkini