BJ Habibie, Ananda Sukarlan dan Sebuah Simfoni Tentang Perempuan

Arsito Hidayatullah
BJ Habibie, Ananda Sukarlan dan Sebuah Simfoni Tentang Perempuan
Anthony Hartono, pemenang Ananda Sukarlan Award 2014, saat bersama BJ Habibie dan Ananda Sukarlan di kediaman Habibie. [Dok. Pribadi]

BJ Habibie secara khusus meminta Ananda Sukarlan mengangkat jasa para perempuan sekitar dan setelah tahun 1998.

Suara.com - Mantan Presiden ke-3 Republik Indonesia, Prof. Dr. BJ Habibie, telah keempat kalinya meminta komponis Ananda Sukarlan untuk membuat musik untuknya. Kali ini, untuk memperingati 20 tahun reformasi di Indonesia, Habibie kembali meminta Ananda Sukarlan menyiapkan musik sekaligus pertunjukan spesial.

Kali ini, pertunjukan perdana acara yang diproduksi oleh Yayasan Habibie-Ainun itu sekaligus digelar untuk merayakan hari ulang tahun almarhumah istri tercinta Habibie, Hasri Ainun Besari, Agustus depan. Dalam karya ini, Habibie khusus meminta Ananda untuk fokus ke jasa para perempuan sekitar dan setelah tahun 1998. Untuk itu, Ananda kini sedang menyelesaikan "Sebuah Simfoni Tentang Perempuan".

"Terus terang saya masih belum tahu judul karya tersebut sampai kemarin. Padahal musiknya sudah 95 persen kelar, tinggal beberapa detail saja harus dibenahi. Daripada terus pusing, saya nge-tweet untuk meminta opini para followers, atau yang saya selalu panggil 'tweehearts' saya. Saya beri 4 opsi judul, dan 'Sebuah Simfoni Tentang Perempuan' mendapatkan voters terbanyak," kata Ananda, baru-baru ini.

Formasi instrumental "Sebuah Simfoni Untuk Perempuan" adalah untuk viola (biola alto) solo dan 8 instrumen. Instrumen ini, tidak seperti biola biasa, tidak banyak yang memainkan di Indonesia, apalagi sampai taraf seorang virtuoso. Solois violanya tidak tanggung-tanggung, yaitu Dr. Adam Cordle dari Amerika Serikat, salah satu pemain viola muda terbaik saat ini di Amerika. Rencananya juga, di tengah-tengah karya ini akan ada seorang narator yang membacakan beberapa nama perempuan serta jasa mereka di era reformasi ini.

"Siapa saja nama-nama perempuan yang tangguh dan berjasa itu, datang aja saksikan dong," kata Ananda merahasiakan detailnya.

Sebelum karya ini dimainkan, akan ditampilkan juga para pemenang kompetisi piano Ananda Sukarlan Award yang sedang diselenggarakan pekan ini di Institut Francais, Jakarta, di mana grand final-nya akan diadakan pada Minggu 15 Juli, sepanjang hari mulai pukul 11 pagi.

"Janji deh, acara kompetisi sudah kelar sebelum final Piala Dunia sepak bola mulai," kata Ananda lagi di sela-sela kesibukannya menjadi Ketua Juri kompetisi piano paling bergengsi di Nusantara ini.

"Sebuah Simfoni Tentang Perempuan" sendiri akan diperdanakan di Soehanna Hall (Graha Energy) pada tanggal 12 Agustus, pukul 15.00 WIB. Namun sehari sebelumnya --bertepatan hari ulang tahun almarhumah Ainun Habibie-- yaitu 11 Agustus, akan diperdengarkan terlebih dulu di perpustakaan Habibie-Ainun untuk undangan terbatas. Sementara untuk info dan tiket konser tanggal 12 Agustus, dipersilakan menghubungi Chendra dari Ananda Sukarlan Center di nomor 0818 891038.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS