Dwi Lestari Bawa Batik Bekasi ke Belanda

Ferry Noviandi
Dwi Lestari Bawa Batik Bekasi ke Belanda
Desainer Dwi Lestari. (dokumen pribadi)

Menurt Dwi Lestari, Batik Bekasi selama ini jarang terekspos.

Suara.com - Batik menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang patut kita banggakan. Hampir di seluruh daerah Indonesia memiliki batik dengan ciri khasnya masing-masing.

Pekalongan, Solo, Cirebon, Madura, dan Yogyakarta mungkin menjadi salah satu jenis batik yang sudah sangat populer di Indonesia maupun luar negeri.
Tapi sebenarnya, Indonesia masih memiliki banyak corak batik lain yang tak kalah cantik. Namun karena jarang diekspose, batik-batik tersebut jarang dikenal.

Salah satu batik yang memiliki corak sangat indah namun jarang diekspos adalah Batik Bekasi. Adalah seorang desainer Dwi Lestari yang mencoba untuk lebih mengenalkan Batik Bekasi kepada khalayak.

Salah seorang model mengenakan Batik Bekasi karya desainer Dwi Lestari. (Nugie Photography)
Salah seorang model mengenakan Batik Bekasi karya desainer Dwi Lestari. (Nugie Photography)

Tak tanggung-tanggung, Dwi Lestari berkesempatan besar untuk mengenalkan Batik Bekasi hingga mancanegara. Awal Desember2019, Dwi bersama beberapa desainer dari Indonesia lainnya akan menggelar acara fashion show di Den Haag, Belanda.

"Jadi saya ada program dangan pengerajin batik untuk mengembangkan Batik Bekasi," ujar Dwi Lestari, saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

"Saya ingin memperkenalkan Batik Bekasi karena kurang terekspos. Motif-motifnya bagus, dan unik. Jadi saya tertantang untuk memperkenalkan Batik Bekasi ke internasional," sambung Dwi Lestari.

Menurut Dwi Lestari, Batik Bekasi memiliki ciri khas dari warna. Menurut perempuan berhijab ini, Batik Bekasi memiliki warna yang cenderung cerah dan ramai.

"Batik bekasi identik dengan warna-warna cerah colorful. Ada hijau, kuning, biru, dan ada merahnya. Kalau motif ada pakemnya, motif Tugu Bekasi, Ikan Gabus, Bunga Teratai dan lainnya," ungkap Dwi Lestari.

Untuk acara fashion show nanti, Dwi Lestari akan mempersiapkan sekitar delapan pakaian. "Untuk fashion show enam. Yang dua akan diparadekan," jelas Dwi Lestari.

Soal ahrga, Dwi Lestari mengaku Batik Bekasi cukup mahal. Satu pakaian bisa dibanderol dengan harga Rp 4 juta hingga Rp 5 juta.

"Mungkin ya karena batik tulis asli, jadi mahal. Karena harga dari kain batik tulisnya juga, dan ada bordir payet satu baju," kata Dwi Lestari.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS