Pengembangan Sociopreneur Bisa Bermanfaat ke Masyarakat Lewat Ini

Dythia Novianty
Pengembangan Sociopreneur Bisa Bermanfaat ke Masyarakat Lewat Ini
Universitas Indonesia menggelar Sociopreneur Inspiration Universitas Indonesia: How Far Can You Go? di Depok, Jawa Barat. [Dok. UI]

Universitas Indonesia, melalui Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha menggandeng beberapa pihak dalam pengembangan kewirausahaan.

Suara.com - Universitas Indonesia, melalui Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha menggandeng PT Bursa Efek Indonesia, PT Mandiri Capital Indonesia, Kejora Ventures, PT Integritas Training Idea, PT Investasi Inovasi Indonesia dan GK- Plug and Play, dalam pengembangan kewirausahaan di lingkungan Universitas Indonesia.

Wakil Rektor UI bidang Sumber Daya Manusia dan Kerja Sama Dedi Priadi menandatangani Nota Kesepahaman Bersama antara UI dengan PT Bursa Efek Indonesia , PT Mandiri Capital Indonesia, Kejora Ventures, PT Integritas Training Idea, PT Investasi Inovasi Indonesia dan GK- Plug and Play.

Menurutnya, sebagai perguruan tinggi, pihaknya berkewajiban mengembangkan dan memberikan fasilitasi berupa sarana dan prasarana juga berbagai program untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, juga akses pendanaan.

"Sekarang ini, permasalahan di masyarakat semakin kompleks. Lewat kegiatan ini diharapkan bisa tercipta cara menyelesaikan masalah tersebut. Karena itu, salah satu tujuan acara ini adalah mendorong terciptanya startup yang lebih bagus dalam pengabdian kepada masyarakat," kata Dedi dalam keterangan resminya.

Dalan acara ini dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara UI dengan PT Mandiri Capital Indonesia dan antara UI dengan PT Suitmedia Kreasi Indonesia. Kerja sama yang akan dilakukan adalah Program Pembinaan Kewirausahaan.

Kewirausahaan yang didorong untuk terus bertumbuh dititikberatkan pada penciptaan start up yang berdampak bagi lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan.

Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Uni-Unit Usaha UI Nia Noerhadi mengatakan, kerja sama tersebut merupakan bagian dari upaya meningkatkan semangat kewirausahaan di lingkungan civitas akademika UI.
Ia berharap kerja sama tersebur dapat terus ditingkatkan di tataran praktis untuk membantu penciptaan sociopreneur di lingkungan UI.

"Sociopreneur bisa diibaratkan memberikan kail kepada masyarakat, sehingga masyarakat yang nantinya bisa memaksimalkan untuk meningkatkan pendapatannya," kata Nia.

Acara ini merupakan bentuk dukungan UI terhadap kewirausahaan untuk mendorong terciptanya start up di lingkungan UI. Kedepannya, UI akan terus selalu berupaya mengembangkan kewirausahaan dengan memberikan sarana pendampingan dan pembekalan untuk para start up dengan berkolaborasi dengan industri dan berbagai pihak terkait.

Baca Juga

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS