Merajut Nusantara 2019, Konser Seni Budaya yang Mempersatukan Indonesia

Ferry Noviandi
Merajut Nusantara 2019, Konser Seni Budaya yang Mempersatukan Indonesia
Salah satu pertunjukkan seni dan budaya di Pagelaran Merajut Nusantara 2019. [istimewa]

Merajut Nusantara 2019 berlangsung di lapangan Monumen Nasional (Monas) pada Senin (2/9/2019) malam.

Suara.com - Persatuan dan kesatuan Indonesia baru-baru ini diuji dengan kerusuhan di Papua. Untuk menggalang persatuan antara sesama, sejumlah artis ikut terlibat dalam Konser Merajut Bangsa 2019 yang berlangsung di lapangan Monumen Nasional (Monas), Senin (2/9/2019) malam.

Artis-artis yang ikut terlibat di antaranya Ria Ricis, Nirina Zubir, Arie Kriting, Edo Kondologit, Yosi Project Pop dan lainnya.

Salah satu pertunjukkan seni dan budaya di Pagelaran Merajut Nusantara 2019. [istimewa]
Salah satu pertunjukkan seni dan budaya di Pagelaran Merajut Nusantara 2019. [istimewa]

Untuk menunjukkan kerukunan dan persatuan, sejumlah artis dan pengisi acara mengenakan pakaian adat. Acara ini juga menampilkan kesenian dan kebudayaan dari sejumlah dareah di Indonesia seperti Tari Kecak dari Bali, Fu Papua, Tari Enggrang dari Kalimantan, dan Tari Ratu Jari dari Aceh.

Ria Ricis terlihat anggun mengenakan pakaian adat Jawa. Hal yang sama juga diikuti Nirina Zubir, Arie Kriting, Yosi Project Pop yang mengenakan pakaian adat dari masing-masing asal mereka.

Edo Kondologit sebagai penyanyi senior dan musisi asal Papua mengaku bangga bisa ikut terlibat di Konser Merajut Nusantara 2019.

Edo Kondologit [Suara.com/Revi C. Rantung]
Edo Kondologit [Suara.com/Revi C. Rantung]

"Malam ini yang jelas acara kita adalah merajut nusantara. Artinya kita mengingkan bangkit kembali ke-Indonesia-an kita bahwa kita Indonesia ini beragam. Artinya kita semua tahu lah keadaan Indonesia hari ini, masalah kita kemaren di Papua membuat rasa kebersamaan kita kan terganggu atau terusik," ujar Edo Kondologit di sela-sela acara.

Edo Kondologit pun yakin dengan Konser Merajut Bangsa 2019 akan kembali menumbuhkan rasa persaudaraan antara sesama bangsa Indonesia.

"Karena seni itu kita berbicara tentang keindahan, tentang sesuatu hal yang menyentuh batin. Sehingga kita berharap seni yang kita tampilkan malam hari ini akan memberikan warna menunjukkan kepada saudara-saudara kita di sini Indonesia dari Sabang sampai Marauke, dari Sumatera sampai ke Papua bahwa inilah kita Indonesia," sambung Edo Kondologit. 

Nirina Zubir [Suara.com/Ismail]
Nirina Zubir [Suara.com/Ismail]

Hal senada juga disampaikan Nirina Zubir. Bintang film Get Married itu menilai dengan pertunjukkan seni budaya akan menyadarkan kita bahwa Indonesia adalah negara besar dengan segala keanekaragaman budaya. Dan keanekaraman itu seharusnya membuat kita semakin bersatu dan kuat dalam perbedaan.

"Mengingat bahwa kita adalah bangsa yang besar, dan ingat bahwa bangsa yang besar itu adalah bangsa yang terdiri dari banyak suku. Jadi kita sebetulnya banyak yang ingin seperti kita," kata Nirin Zubir.

"Tetapi kembali lagi, untuk kuat menjadi orang Indonesia, kuat menjadi NKIR di situlah kita memperkuat diri dan kepada siapaun bahwa apapun yang kita hadapi saat ini ingat bahwa kita satu dan kita Indonesia," tutur Nirina Zubir.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS