Peduli Literasi Indonesia, Storial.co Resmikan Storial Publishing

Dythia Novianty
Peduli Literasi Indonesia, Storial.co Resmikan Storial Publishing
Storial.co resmikan Storial Publishing di Jakarta, belum lama ini. [Storial.co]

Storial.co, platform lokal untuk menulis dan membaca secara digital, meresmikan Storial Publishing.

Suara.com - Storial.co, platform lokal untuk menulis dan membaca secara digital, meresmikan Storial Publishing. Langkah ini sebagai komitmennya dalam mengembangkan industri literasi di Indonesia.
Storial Publishing adalah layanan penerbitan yang dibentuk Storial untuk menerbitkan secara cetak berbagai cerita yang memenuhi syarat terbit, setelah dipublikasikan dan mendapat engagement tinggi di platform digital Storial.

Sebagai informasi, angka literasi di Indonesia masih terbilang rendah. Menurut penelitian UNESCO pada 2016, Indonesia berada di peringkat ke 60 dari 61 negara dalam menunjukkan kebiasaan membaca.

Salah satu kendalanya adalah akses bacaan yang terbatas. Storial.co mengambil langkah untuk dapat memenuhi kebutuhan bacaan baik secara online maupun dalam bentuk bacaan cetak yang diinisiasi oleh Storial Publishing.

Hadir dengan buku pertamanya berjudul Just You and Me, Storial Publishing mendukung budaya literasi terutama untuk usia millenial. Cerita Just You and Me terpilih sebagai buku pertama yang diterbitkan karena menjadi karya dengan engagement tertinggi di platform Strorial.co sepanjang 2019.

Cerita Just You and Me berhasil menarik ratusan ribu pembaca di platform kamim ujar Titi Sanaria, penulis yang berdomisili di Sulawesi Selatan.

Dia menghadirkan novel metropop yang dikemas dengan sederhana dan lucu, namun penuh kejutan di tiap babnya, sehingga membuat para pembacanya tidak bisa berhenti mengikuti kisah Keyra dan Ferdyan.

"Melihat hal ini, kami berinisiatif untuk menerbitkannya dalam bentuk buku cetak, agar dapat dinikmati oleh lebih banyak pembaca di seluruh Indonesia. Sesuai dengan komitmen kami untuk terus memberdayakan para penulis Indonesia dalam menghadirkan karya terbaiknya. Karena itu, Storial Publishing lebih dari sekedar penerbit, yakni turut menjembatani karya-karya berkualitas untuk hadir lebih dekat dengan para pembacanya,” kata Brilliant Yotenega (Ega), Chief Content Officer (CCO) Storial.co.

Storial Publishing melakukan kurasi khusus untuk menyeleksi ragam karya di platform Storial sebelum menjadikannya buku. Syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh karya ini di antaranya telah memenuhi tingkatan engagement karya dengan pembacanya, potensi cerita sebagai konten yang layak untuk dinikmati serta bagaimana cara penulis mampu membangun engagement tersebut secara stabil.

“Harapan kami di Storial.co adalah untuk terus berkontribusi menggerakkan perkembangan literasi di Indonesia, dengan membebaskan penulis berekspresi menghasilkan karya dalam 40 ragam kategori bacaan di platform Storial dan memberikan edukasi pada penulis untuk menghasilkan karya berkualitas. Dengan kehadiran Storial Publishing, kami berharap bisa memberikan alternatif bacaan yang kepopulerannya sudah tervalidasi, untuk masyarakat Indonesia.” Ega menambahkan.

Seluruh karya yang diterbitkan oleh Storial Publishing akan tersedia di berbagai toko buku seluruh Indonesia dan ditawarkan dengan harga terjangkau. Penulis yang ingin karyanya dicetak dalam bentuk buku diharapkan mampu menghadirkan karya terbaiknya untuk dinikmati oleh pembaca muda Indonesia.

“Kami bergerak dari digital ke offline untuk menghadirkan karya-karya yang dipublikasi secara digital agar dapat dinikmati secara fisik. Bagaimanapun juga, masih banyak masyarakat Indonesia yang senang menggenggam buku bacaannya dan menikmati sensasi membuka kertas halaman per halaman ketika membaca. Apalagi sebagai penggiat literasi dalam platform digital, kami menemukan banyak karya berkualitas dalam berbagai bentuk tulisan yang sangat layak dibaca,” ujar Ega dalam keterangan penutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS