Cerita Yoseph Simarmata, Jadi Pengusaha Sukses setelah Magang di Jepang

Ferry Noviandi
Cerita Yoseph Simarmata, Jadi Pengusaha Sukses setelah Magang di Jepang
Yoseph Simarmata [dokumentasi pribadi]

Yoseph Simarmata mengikuti magang di IM Jepang, yang digagas oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker).

Suara.com - Yoseph Simarmata mungkin tak pernah membayangkan bisa sukses seperti sekarang. Padahal, pada 2018, ia sempat putus asa karena harus berhenti dari kuliahnya di Medan.

Kini, Yoseph Simarmata sukses menjadi pengusaha media dan memilik perusahaan digital bernama YRS Media. Perusahaannya pun kini tengah berkembang dan memiliki sejumlah karyawan.

Kesuksesan yang diraih Yoseph Simarmata diperoleh setelah ia mengikuti program magang di IM Japan. Progam ini sendiri digagas oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Pada tahun 2018, Yoseph mendapat informasi mengenai program magang IM Japan dari salah satu tetangganya. Tak mau kehilangan kesempatan, ia akhirnya mengikuti seleksi program tersebut. Berkat semangat dan dukungan orangtua serta restu Tuhan, ia berhasil lolos hanya dengan satu kali seleksi saja.

Baca Juga: Akun Ini Sindir Manajer Suka 'Manfaatkan' Anak Magang: Intern Rasa Fulltime

"Saya dikasih tahu salah satu tetangga kalau ada program magang IM Japan, langsung saya daftar. Puji Tuhan, dengan semangat dan dukungan orangtua saya lolos sekali seleksi. Lalu saya mengikuti pelatihan terpusat selama kurang lebih empat bulan dan langsung berangkat ke Jepang," ujarnya.

Yoseph Simarmata kemudian bertolak ke Jepang pada 2019. Hingga saat ini ia masih mengikuti program magang tersebut. Penghasilan selama 1,5 tahun dari mengikuti program IM Japan itu ia gunakan untuk membangun bisnis YRS Media di Indonesia.

Yoseph Simarmata memiliki bisnis media digital karena perkembangan dunia digital semakin pesat. Selain itu, Yoseph menggeluti dunia blogger sejak 2014. Dari bermain blogger, ia mendapat penghasilan dari Google adSense.

Tak hanya itu, ia juga berhasil meraih prestasi sebagai juara blogger tingkat kota dan provinsi yang diadakan oleh Kemendikbud dalam ajang Ki Hajar Dewantara. Maka, keputusan yang ia ambil menjadi pebisnis di dunia digital tidak keliru.

Pasang surut dalam berbisnis dirasakan Yoseph Simarmata. Apalagi saat pandemi Covid-19 ini. Lelaki 24 tahun ini sempat merasa putus asa menlanjutkan bisnisnya. Namun karena tekadnya yang kuat, ia mampu mempertahankan bisnisnya.

Baca Juga: Tips Mengisi Waktu Luang Pasca Lulus Kuliah

Dari bisnis YRS Media ini, Yoseph Simarmata berhasil meraup penghasilan hingga puluhan juta perbulannya. Kini, ia menjadi pebisnis muda meski hanya lulusan SMA.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS