alexametrics

Bangga, Siswa Indonesia Raih Juara World Robot Olympiad 2020

Vania Rossa | Luthfi Khairul Fikri
Bangga, Siswa Indonesia Raih Juara World Robot Olympiad 2020
Ilustrasi robotik. (Elements Envato)

Kompetisi robotik prestisius tingkat dunia ini diadakan secara virtual di tengah pandemi di Kanada.

Suara.com - Prestasi siswa Indonesia yang satu ini sangat membanggakan. Salah satu murid sekolah Sinarmas World Academy (SWA) berhasil menjadi juara pertama dalam World Robot Olympiad (WRO) 2020 yang diadakan secara virtual beberapa waktu lalu di Kanada.

“Kompetisi robot tingkat dunia ini digelar di Kanada dan dilakukan dari jarak jauh, penelitiannya pun dilakukan jarak jauh dengan cara virtual,” ujar General Manager SWA, Deddy Djaja Ria dalam pernyataannya secara virtual, Kamis (26/11/2020).

Dikatakan Deddy, pihak sekolah tak menyangka anak didik mereka bisa berhasil mendapatkan juara pertama di kompetisi robotik prestisius tingkat dunia tersebut.

“Kami merasa sangat terharu, di masa sulit pada pandemi ini, murid SWA berhasil mengharumkan Indonesia di kancah dunia. Kami sangat bersyukur atas prestasi tersebut, karena kami memang selalu mengajarkan dengan mengedepankan kreasi pada anak-anak,” jelasnya.

Baca Juga: Navigasi Berjarak Ribuan Km, Pasien Kanker Dioperasi dengan Bantuan Robot

Kompetisi robotik ini bukanlah kompetisi tingkat dunia pertama yang dijuarai oleh murid SWA. Sebelumnya, bmurid lainnya juga berhasil menjadi juara dalam kompetisi dunia 2020 Bow Seat Ocean Awareness Contest Music Category 1 dan kompetisi Sains Nasional-Matematika.

“Kami sebagai pendidik akan berkomitmen terus berusaha untuk menggali beragam potensi yang dimiliki siswa karena mereka adalah harapan masa depan Indonesia,” kata Deddy.

Beragam kompetisi yang diikuti siswa SWA, menurut Deddy, biasanya dilakukan karena inisiatif kemauan siswa sendiri, karena memang sekolah selalu mendorong agar para siswanya mandiri. Meski begitu, sekolah juga andil dalam memfasilitasi siswanya yang ingin mengikuti kompetisi bertaraf nasional maupun internasional.

Komentar