alexametrics

Beo Ini Catat Rekor MURI, Bisa Menirukan 21 Kalimat dan 45 Kata

Ferry Noviandi
Beo Ini Catat Rekor MURI, Bisa Menirukan 21 Kalimat dan 45 Kata
Antonius Setyadi pemilik beo Si Yakob mendapat plakat rekor MURI. [dokumentasi pribadi]

Selain menirukan bahasa Indonesia, beo dengan nama Si Yakob Beo Medan Pintar ini juga bisa menirukan enam bahasa: Arab, Mandarin, Inggris, Jawa, dan Latin.

Suara.com - Seekor burung beo bernama Si Yakob Beo Medan Pintar baru saja mendapat rekor MURI. Burung pintar ini bisa menirukan 21 kalimat dan 45 kata. Hebatnya lagi, Yakob juga bisa menirukan enam bahasa dengan sangat baik: Indonesia, Arab, Mandarin, Inggris, Jawa, dan Latin.

Pemilik Si Yakob adalah seorang pengusaha, dosen dan pecinta burung bernama Antonius Setyadi. Anton mengaku memelihara Si Yakob sejak usia dua bulan.

"Saya ingin menyumbangkan sesuatu yang berharga dan dikenang bagi flora dan fauna Indonesia, khususnya burung yang bisa diajarkan menirukan suara manusia," ujar Antonius Setyadi.

Untuk merawat Yakob, Antonius Setyadi berkolaborasi bersama Tama, seorang mahasiswa. Metode pengajaran pada Si Yakob yang diterapkan Antonius Setyadi bersama Tama, ternyata menghasilkan burung Beo yang pintar menirukan suara dan jauh di atas ekspektasi.

Baca Juga: Beda dengan Idola K-Pop Lain, Ini Awal Mula Beomgyu TXT Pelihara Burung Beo

Ketika ditanya rahasia Yakob begitu pintar menirukan suara, Antonius mengaku tak memiliki sesuatu yang khusus. "Makanannya pun hanya pakan burung, buah-buahan seperti pisang, pepaya dan ubi. Namun, teknik mengajarkannya membuat si Yakob Beo Medan menjadi pintar menirukan suara," ujar Antonius.

Si Yakob Beo Medan Pintar mencatatkan rekor MURI sebagai Burung Beo yang mampu menirukan kosa kata terbanyak. Penghargaan ini telah diserahkan pada Minggu, 12 September di Beau Bakery, Panglima Polim Jakarta Selatan.

Menurut Doktor Megananda Daryono, seorang peternak burung, kecerdasan Yakob sungguh sesuatu yang langka. Intelegensianya luar biasa. "Jarang sekali bisa menemukan dan bisa mengajari burung hingga demikian jelasnya menirukan suara manusia ini," ucap Megananda yang juga pemilik Mega Bird and Orchid Farm di Bogor, Jawa Barat ini.

Jusuf Ngadri, Senior Manager Museum Rekor Indonesia menyebut bahwa untuk pencatatan rekor MURI terkait kepiawaian burung Beo yang bisa menirukan perkataan orang ini, memang baru kali pertama dilakukan, yaitu atas nama Yakob.

Dari pengajuan sampai dicatatnya sebagai rekor, memerlukan waktu yang cukup lama, karena belum adanya parameter yang mengukur seberapa banyak Beo yang bisa menirukan suara. Namun, setelah verifikasi dan testimoni sejumlah pecinta, pemilik serta pedagang burung, kemudian rekor sebagai Burung Beo Yang Mampu menirukan kosa kata terbanyak dipegang oleh Yakob Si Beo Medan Pintar.

Baca Juga: Berkat Tiga Proyek Ini, PTPP Raih Rekor Muri

Komentar