alexametrics

Pemkot, Disdikpora Kota Denpasar dan Nyalanesia Fasilitasi Ratusan Sekolah Terbitkan Buku

Fabiola Febrinastri
Pemkot, Disdikpora Kota Denpasar dan Nyalanesia Fasilitasi Ratusan Sekolah Terbitkan Buku
Salah satu kegiatan literasi. (Dok: Pemkot Denpasar)

Program ini juga diiringi dengan peningkatan kompetensi siswa dan guru.

Suara.com - Rendahnya literasi merupakan masalah mendasar yang memiliki dampak sangat luas bagi kemajuan bangsa. Untuk itu, perlu diadakan program yang dapat mempertahankan dan menumbuhkan semangat untuk memajukan literasi di masyarakat Indonesia.

Hal itulah yang coba dilakukan oleh Pemerintah Kota Denpasar dan Disdikpora Kota Denpasar.

Sejak tahun 2020, bekerja sama dengan Nyalanesia, Pemkot dan Disdikpora Kota Denpasar berupaya memfasilitasi ratusan sekolah untuk mengembangkan literasinya melalui program yang bertajuk Festival Literasi Denpasar.

Melalui kerja sama ini, di tahun 2020 lalu, Festival Literasi Denpasar berhasil memfasilitasi lebih dari 8.300 guru dan siswa di 144 sekolah untuk menerbitkan buku bersama dan meningkatkan kompetensinya.

"Lewat gelaran ini, kami menjadi semakin percaya bahwa ketekunan dan kolaborasi menjadi kunci penting sebuah kemenangan. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Nyalanesia dan seluruh pihak yang terlibat, yang telah bersama-sama menyukseskan program Festival Literasi Denpasar 2021. Untuk kedua kalinya, sekolah-sekolah di Kota Denpasar sungguh beruntung karena mendapatkan kesempatan langka meluncurkan banyak karya dan pengkarya kebanggaan Indonesia," ujar Ir. I Gusti Ngurah Eddy Mulya, SE, M.Si., Plt. Kepala Dinas Dikpora Kota Denpasar.

Festival Literasi Denpasar merupakan program pengembangan literasi yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat untuk meningkatkan keterampilan berliterasi dan berkarya dengan menulis puisi, cerpen, dan penerbitan buku antologi bersama.

Program ini juga diiringi dengan peningkatan kompetensi siswa dan guru, yakni melalui berbagai workshop digital yang dikembangkan dalam website Nyalaakademi. Dalam program Festival Literasi Denpasar 2021, seluruh peserta program akan mendapatkan berbagai fasilitas dan juga kesempatan untuk memenangkan total apresiasi senilai ratusan juta rupiah.

Pada penyelenggaraan di tahun kedua ini, sejak dibuka pendaftaran pada Juli 2021, Festival Literasi Denpasar telah berhasil memfasilitasi sekitar 9.000 guru dan siswa, dari 147 sekolah untuk meningkatkan kompetensinya, berkarya, dan menerbitkan buku bersama.

Jemima Mulyandari, selaku Penggerak Literasi Nasional yang memimpin jalannya Festival Literasi Denpasar, mengungkapkan bahwa dengan menjadi penggerak literasi, maka ia dapat mengabdikan diri untuk membuka sekaligus menerangi jalan bagi para siswa dan guru agar dapat berkarya dan berprestasi melalui program literasi.

"Melalui Festival Literasi Denpasar, saya bisa menjadi pegiat literasi yang berkontribusi langsung dengan tindakan nyata di lapangan untuk meningkatkan budaya literasi dan kualitas pendidikan di Indonesia," imbuh Jemima.