facebook

Berikan Beasiswa, Yamaoka Scholarship Foundation Mempererat Kerjasama Indonesia-Jepang

Ririn Indriani
Berikan Beasiswa, Yamaoka Scholarship Foundation Mempererat Kerjasama Indonesia-Jepang
Yamaoka Scholarship Foundation (YSF) merupakan program beasiswa yang didukung penuh oleh Yanmar Co., Ltd., telah memperluas program beasiswa ke universitas-universitas di Indonesia dengan menjalin kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Darma Persada Indonesia (Unsada) setelah kerjasama sebelumnya.

Jumlah penerima beasiswa, yaitu 5 dari IPB dan 5 dari Unsada.

Suara.com - Yamaoka Scholarship Foundation (YSF) merupakan program beasiswa yang didukung penuh oleh Yanmar Co., Ltd., telah memperluas program beasiswa ke universitas-universitas di Indonesia dengan menjalin kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Darma Persada Indonesia (Unsada) setelah kerjasama sebelumnya.

Kegiatan beasiswa ini akan dilanjutkan di Indonesia selama bertahun-tahun ke depan.

"Kami berharap kepada siswa penerima beasiswa memiliki semangat kerja keras dalam kegiatan positif dan akan menjadi orang-orang yang mampu memberikan kontribusi dalam memajukan kesejahteraan Indonesia, serta terus membangun persahabatan antara Indonesia dan Jepang dalam waktu dekat," kata Masanori Uchida, Direktur Eksekutif Yamaoka Scholarship Foundation melalui video Zoom, baru-baru ini.

Penyerahan beasiswa itu sendiri dilakukan di kantor PT Yanmar Diesel Indonesia pada Selasa, 16 November 2021 dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes).

Melalui kerjasama dengan IPB dan Unsada dalam program beasiswa ini, jumlah penerima beasiswa yaitu 5 dari IPB dan 5 dari Unsada.

Total penerima beasiswa adalah 10 mahasiswa, peserta merupakan mahasiswa semester ke-3. Melalui program beasiswa ini, setiap mahasiswa akan menerima beasiswa selama 2 tahun, dengan total 1 juta rupiah setiap bulannya.

Perjalanan YSF dalam memberikan beasiswa di Indonesia dimulai pada peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang pada 2018 dan berencana untuk membangun support system bagi perguruan tinggi di Indonesia.

Di Jepang, YSF yang didirikan oleh Magokichi Yamaoka -- pendiri Yanmar Co., Ltd. dengan menggunakan aset pribadinya, menyediakan dan mengelola beasiswa untuk siswa sekolah menengah, mahasiswa pascasarjana, dan mahasiswa asing yang terlibat dalam penelitian ilmu alam.

"Sejak 2013, kami juga aktif di Asia Tenggara, dan di Indonesia kami menawarkan dukungan akademik kepada siswa sekolah menengah pertama di Jakarta dan Surabaya untuk kegiatan sepak bola sambil fokus bersekolah," jelas Kai Yasuda, Presiden Direktur PT Yanmar Diesel Indonesia dalam sambutannya.

Ke depannya, Yamaoka Scholarship Foundation akan terus memperluas program beasiswa untuk universitas di Indonesia dan bekerja untuk membina generasi penerus di dalam dan di luar Jepang.

“Kami berharap ke depannya mereka semua akan tumbuh menjadi lebih baik lagi dengan menjadi siswa yang memiliki semangat kerja keras baik dalam studi, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan positif lainnya untuk dua tahun ke depan," tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS