facebook

Penuhi Proposal Pendidikan, Pemerintah Kunjungi Miangas untuk Beri Beasiswa

Fabiola Febrinastri
Penuhi Proposal Pendidikan, Pemerintah Kunjungi Miangas untuk Beri Beasiswa
Mendagri, Tito Karnavianke Pulau Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (24/5/2022). (Dok: BNPP)

Mendagri mendapat permohonan proposal dari Camat Miangas, Dekroly Adilang.

Suara.com - Pemerintah mengunjungi Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) Indonesia untuk memenuhi permohonan proposal bidang pendidikan, yaitu beasiswa bagi generasi muda Miangas yang duduk di bangku SD, SMP, SMK, dan perguruan tinggi.

Kunjungan dilakukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, yang merupakan Ketua Pengarah BNPP dan Menteri Dalam Negeri, yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Muhammad Tito Karnavian, dan Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) KH Noor Achmad. Kunnjungan dilakukan ke Pulau Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (24/5/2022).

Dalam kunjungannya ke pulau terluar yang berbatasan dengan negara Filipina ini, Mendagri mendapat permohonan proposal dari Camat Miangas, Dekroly Adilang.

Menanggapi proposal tersebut, Tito menegaskan, BNPP akan membantu proses realisasi permintaan tersebut. Ia minta BNPP untuk menampung permintaan dan membahasnya dengan pihak-pihak terkait untuk merealisasikannya.

BNPP, sambung Tito, dapat membahas pengajuan beasiswa dengan Kementerian terkait, mitra BNPP seperti Baznas, maupun LPDP.

Bertepatan dengan hal tersebut, Tito menjelaskan, Baznas sudah mempunyai niat untuk membantu biaya pendidikan anak-anak di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Untuk mempermudah pembahasan bersama BNPP dan mitra, Tito minta Bupati Kepulauan Talaud dan Camat Miangas untuk merekapitulasi berapa orang yang membutuhkan beasiswa.