Voila! F1 GP Kembali ke Sirkuit Paul Ricard

RR Ukirsari Manggalani
Voila! F1 GP Kembali ke Sirkuit Paul Ricard
Sirkuit Paul Ricard di Le Castellet, Perancis Selatan. Saat itu Romain Grosjean (Haas F1) tengah melintas di sesi latihan pertama (22/06/2018) [Boris Horvat/AFP].

Absen hampir 30 tahun, pentas balap jet darat kembali lagi ke Le Castellet, Perancis.

Suara.com - Driver zaman now belum ada yang pernah turun berlaga di Sirkuit Paul Ricard, Perancis. Mulai Sebastian Vettel (Ferrari) di posisi paling atas klasemen driver Formula 1 (F1), sampai Sergey Sirotkin (Williams) di posisi terbawah. Kalau mau disebut sebagai fairness, semua sama-sama belum pernah mengaspal di trek ini.

Tetapi justru di situlah menariknya, seluruh perhatian penonton bakal sama seriusnya dengan para pelaga di F1 GP Perancis 2018, yang berlokasi di Le Castellet, tak jauh dari kota Marseille dan Toulon.

Siapakah Paul Ricard, apakah sekaliber driver F1 Gilles Villeneuve yang namanya diabadikan untuk sirkuit F1 di Montreal, Kanada?

Ternyata bukan. Nama ini dipetik dari penyandang dana alias pihak sponsorship. Paul Louis Marius Ricard (9 Juli 1909 - 7 November 1997) adalah seorang industrialis Perancis dan pencipta minuman beralkohol jenis pastis. Ia bermitra dengan kompetitornya, Pernod untuk menciptakan Pernod Ricard. Semacam wine atau minuman dari hasil proses penyulingan.

Mendiang Ricard juga terkenal sebagai pencinta lingkungan dan mengembangkan dua pulau di Laut Mediterania.

Meskipun tidak sepadan dengan tingkat glamour yang dimiliki Sirkuit Monte Carlo, Monako dengan lokasi juga di kawasan French Riviera, Sirkuit Paul Ricard memiliki kelas tersendiri.

Tak jauh dari sini, di tepian Laut Mediterania terdapat Saint-Tropez. Tempat berlibur musim panas pilihan bagi kaum selebritis dan bangsawan, termasuk mendiang Putri Diana. Ibu dan mertua Pangeran Harry serta Meghan Markle.

Sirkuit Paul Ricard dibuka pada April 1970 dan mempertandingkan F1 Grand Prix (GP) Perancis sebanyak 14 kali.  Driver F1 yang meraih podium teratas pada pergelaran pertama di sini adalah Jackie Stewart (Tyrrell-Ford, 1971).

Lalu jawara dalam pergelaran terakhirnya adalah driver jet darat tuan rumah, Alain Prost (Ferrari, 1990). Keunikan yang terjadi, mirip seperti zaman now di mana Piala Dunia 2018 tengah berlangsung, saat itu di Roma, Italia, dipentaskan final FIFA World Cup 1990 dengan tim panzer Jerman keluar sebagai pemenang. Kejuaraan bola berlangsung beberapa saat setelah Prost naik podium.

Sesudah itu, Sirkuit Paul Ricard tutup buku untuk balap jet darat, dan dibeli oleh pemilik sirkus F1 zaman old, Bernie Ecclestone untuk fasilitas trek pengetesan F1.

Pada 2007, kondisi Sirkuit Paul Ricard disulap menjadi super modern serta dinamai Paul Ricard High Tech Test Track (HTTT). Di sini pula berlokasi FIA Institute yang mengurusi sektor safety dalam balapan.

Mulai 2009 di sini mulai digelar beberapa pentas balap, dan puncaknya adalah hari ini (24/06/2018) saat pentas jet darat kembali ke Sirkuit Paul Ricard di bawah manajemen Liberty Media, pemilik F1 sekarang.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS