Rehat Dua Bulan, Marc Marquez Sudah Kembali Melaju di Motornya

Reky Kalumata
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. [AFP/William West]
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. [AFP/William West]

Marquez semakin menunjukkan kemajuan setelah menjalani operasi bahu

Suara.com - Pebalap tim Repsol, Honda Marc Marquez telah kembali sirkuit setelah istirahat dua bulan usai menjalani operasi bahu. Kini, Marquez terus menunjukkan kemajuan dan sudah kembali menaiki motornya sebelum tes resmi MotoGP di Sepang.

Musim dingin 2018-2019 menjadi tahun yang sulit untuk Marquez. Biasanya ia memakai waktu di bulan Desember dan Januari untuk berlatih di lintasan tanah atau motorcross, namun kali ini ia tak dapat melakukannya karena menjalani operasi bahu.

Juara dunia tujuh kali ini akhirnya dapat kembali menaiki sepeda motor minggu ini, dengan Tim Honda Repsol yang menampilkan gambar-gambar eksklusif dari pebalap tersebut.

Pada 29 November 2018, dia meninggalkan Honda RC213V-nya di Jerez setelah menyelesaikan uji pramusim 2019 yang kedua, atau uji terakhir di tahun 2018.

Namun, pada 4 Desember ia menjalani operasi untuk menangani cedera pada bahu kirinya lagi. Sejak itu, Marquez memfokuskan semua upayanya untuk pulih dari operasi tersebut.

Dua bulan kemudian, Marquez sudah kembali mengendarai motornya di Sirkuit d'Arcarr di Lleida, menjelang uji resmi pertama tahun 2019, Rabu 6 Februari di Sepang, Malaysia.

"Ini pertama kalinya saya kembali naik motor. Pebalap biasanya perlu pikiran yang tenang dan selama penerbangan ke Malaysia sekitar 14 jam, saya tahu bahwa setidaknya saya sudah bisa naik motor lagi," kata Marquez dilansir MotoGP.com, Jumat (1/2/2019).

Marquez menceritakan dalam kegiatannya itu ia melakukan beberapa putaran di sirkuit yang membantunya mengetahui sejauh apa pemulihan yang sudah ia jalani.

"Saya tahu dimana yang masih sedikit sakit, dan dengan cara itu saya dapat menyampaikannya ke fisioterapi di minggu ini," ungkapnya.

Uji berkendara itu sesuai dengan harapan Marquez, karena ia jadi tahu kelemahannya pascacedera, yaitu kurang kuat saat mengerem terutama saat berbelok ke kiri.

Saat berbelok ke kiri, ia harus menggunakan bahunya untuk menopang dan di titik itulah ia harus terus berusaha untuk meningkatkan kekuatannya.

"Sekarang kami akan bersabar di Malaysia, sehingga bisa bertarung di bulan Maret dengan kekuatan penuh," tutur Marquez optimistis dapat kembali bugar saat tes resmi di Sepang. (Antara)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS