Konflik Usai, Viktor Axelsen dan Kolega "Pulang" ke Timnas Denmark

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Konflik Usai, Viktor Axelsen dan Kolega "Pulang" ke Timnas Denmark
Pebulutangkis tunggal putra Denmark Viktor Axelsen [AFP]

Konflik bermula pada 2018 karena masalah sponsor antara federasi tim nasional dan atlet.

Suara.com - Konflik antara Federasi Bulu tangkis Denmark (DBF) dengan para pemainnya akhirnya selesai, dengan kedua belah pihak resmi mencapai kesepakatan kolektif .

Kesepakatan itu membuat Viktor Axelsen dan kawan-kawan akhirnya "pulang" ke tim nasional (Timnas) bulu tangkis Denmark, serta bisa kembali menggunakan segala fasilitas di pemusatan latihan.

Hal itu diketahui usai DBF memberikan pernyataan di laman resmi mereka yakni Badminton.dk pada Selasa (29/1/2019).

"Dengan penuh kegembiraan bahwa hari ini kami telah mengatasi masa-masa sulit bulutangkis Denmark. Dengan kesepakatan bersama dengan para pemain elit kami, inilah saatnya untuk melihat ke depan bersama dan menciptakan masa depan yang lebih cerah untuk bulu tangkis Denmark," tulis pernyataan DBF dilansir Badmintonplanet, Sabtu (2/2/2019).

Sebagaimana diketahui, konflik DBF dan para pemain Denmark bermula pada November 2018 yang dipicu oleh masalah sponsor.

DBF yang kala itu sudah memiliki sponsor sendiri tak terima dengan keputusan para pemain yang membuat perjanjian dengan sponsor lain.

Akibatnya, para pemain Denmark, kecuali Mia Blichfeldt , dikeluarkan dari timnas dan harus menanggung seluruh biaya mengikuti berbagai turnamen dengan kocek sendiri.

Ketegangan itu berlangsung hingga Indonesia Masters 2019 yang digelar pada 22 - 27 Januari 2019. Beruntung wakil Denmark, Anders Antonsen bisa keluar sebagai juara meski tanpa dukungan pelatih dan tim medis.

Dalam kesepakatan kali ini, DBF pun memberikan kelonggaran pada para pemainnya. Viktor Axelsen dan kawan-kawan diperbolehkan untuk mencari sponsor sendiri di luar DBF, tentunya dengan beberapa persyaratan yang berlaku.

"Para pemain juga diperbolehkan mencari sponsor sendiri seperti sebelumnya. Kondisi ini sudah efektif berlaku terhitung sejak 29 Januari 2019. Para pemain juga sudah dijadwalkan bertanding di Kejuaraan Beregu Eropa 2019 yang akan berlangsung pada 13 - 17 Februari 2019," tulis pernyataan itu.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS