Rossi Tetap Balapan di Usia 40 Tahun, Apa Kata Kawan dan Lawan?

Rizki Nurmansyah
Rossi Tetap Balapan di Usia 40 Tahun, Apa Kata Kawan dan Lawan?
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menjalani tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Rabu (6/2). [AFP/Mohd Rasfan]

Valentino Rossi akan balapan hingga usia 41 tahun.

Suara.com - Usia yang tak lagi muda tak membuat motivasi Valentino Rossi untuk tetap balapan menurun. Terbukti, di usia yang tepat 40 tahun yang jatuh pada hari ini, Sabtu (16/2/2019), Rossi masih terus mengikuti balapan MotoGP.

Ya, Valentino Rossi memang masih terikat kontrak selama dua tahun bersama timnya, Yamaha. Dia akan tetap membalap bersama Yamaha di kejuaraan MotoGP hingga tahun 2020 mendatang.

Itu artinya, pebalap berjuluk The Doctor ini akan balapan hingga usia 41 tahun, sebuah usia yang sangat tua untuk ukuran pebalap.

Sukses Rossi menjaga fisik dan mental balapnya di usia yang sudah mencapai 40 tahun membuat takjub kawan maupun lawannya.

Salah satunya Cal Crutchlow. Pebalap tim satelit Honda ini mengaku tidak terbayang akan tetap balapan hingga usia 40 tahun seperti Rossi.

"Valentino terus membuat saya takjub. Saya terkejut dengan besarnya keinginan dia melanjutkan karier balapan," tutur Crutchlow, dilansir dari laman resmi MotoGP, Sabtu (16/2/2019).

"Ini menunjukkan dia mencintai olahraga ini dan suka mengendarai sepeda motor. Saya tidak bisa membayangkan diri saya akan balapan pada usia 40 tahun," rider LCR Honda ini menambahkan.

Kolase foto Franco Morbidelli dan Valentino Rossi. [AFP/Pierre-Philippe Marcou/Martin Bureau]
Kolase foto Franco Morbidelli dan Valentino Rossi. [AFP/Pierre-Philippe Marcou/Martin Bureau]

Di sisi lain, salah satu anak didik Rossi di kejuaraan MotoGP 2019, Franco Morbidelli memuji ketangguhan fisik sang mentor.

"Valentino adalah pebalap top. Itu sebabnya dia masih memiliki potensi ini pada usia 40 tahun. Saya rasa, saat ini dia lebih kuat dibanding diri saya 10 tahun yang lalu," ujar pebalap Petronas Yamaha SRT.

Sementara itu, Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio berharap Valentino Rossi bisa lebih lama berada di lintasan balap MotoGP.

"Valentino telah mengejutkan semua orang selama 20 tahun ini. Dan dia belum berhenti, beginilah gayanya. Luar biasa melihat pebalap berusia 40 tahun masih balapan di level tinggi. Selamat ulang tahun. Kami berharap bisa melihat Valentino Rossi terus balapan dalam waktu yang lama," ujarnya.

Kekaguman akan performa Valentino Rossi yang masih tetap terjaga juga disampaikan mantan pebalap Spanyol, Sete Gibernau.

"Pastinya, Rossi adalah pahlawan kami. Kariernya sangat panjang. Valentino memiliki banyak pengalaman dan masih berjuang untuk berada di posisi teratas. Kita harus akui itu. Saya suka sisi Valentino yang ini. Saya mendoakan yang terbaik untuknya," ujar mantan rival berat Valentino Rossi ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS