Soal Ini, Praveen / Melati Belum Selevel Tontowi / Liliyana

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Soal Ini, Praveen / Melati Belum Selevel Tontowi / Liliyana
Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, menang atas Ren Xiangyu/Zhou Chaomin (Cina), dengan skor 21-13 dan 21-19, di babak pertama Malaysia Masters 2019, Rabu (16/1). [Humas PBSI]

Praveen/Melati menjadi salah satu pasangan ganda campuran yang akan diproyeksikan menuju Olimpiade 2020 Tokyo.

Suara.com - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti mengatakan, jika Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menjadi salah satu pasangan ganda campuran yang akan diproyeksikan menuju Olimpiade 2020 Tokyo.

Menurut Susy, keduanya punya potensi menjadi andalan Merah Putih jika dilihat dari segi penampilan maupun peringkat dunia. Praveen/Melati saat ini bertengger di ranking 15 dunia.

"Praveen/Melati kan saat ini sudah berada di peringkat 15 (BWF) ya, sudah lumayan," ujar Susy Susanti di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Meski menilai Praveen/Melati punya potensi menjadi ujung tombak sektor ganda campuran Indonesia di Olimpiade 2020, Susy tak menampik jika keduanya masih memiliki banyak kekurangan.

Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad saat pertandingan final Daihatsu Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/1). [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Pasangan ganda campuran Indonesia Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad saat pertandingan final Daihatsu Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/1). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Dalam urusan sikap dan karakter, Praveen/Melati disebut Susy masih belum mampu menyamai level Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Terutama perihal mengemban tanggung jawab.

"Ya, tapi mereka masih butuh jam terbang dan kekompakan. Mereka masih pemain muda ya, secara tanggung jawab masih belum seperti Butet—sapaan akrab Liliyana," tukas Susy.

Sektor ganda campuran PBSI memang tengah mengalami transisi selepas 'bercerainya'duet emas Tontowi/Liliyana.

Keduanya harus berpisah menyusul pensiunnya Liliyana Natsir usai gelaran Indonesia Masters, 27 Januari 2019 lalu.

Selain Praveen/Melati, Indonesia juga masih memiliki Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari di sektor ganda campuran. Kedua pasangan masing-masing menempati peringkat 11 dan 23 dunia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS