MotoGP: Digugat Honda Cs, Ducati Optimis Tak Bersalah

Rizki Nurmansyah
MotoGP: Digugat Honda Cs, Ducati Optimis Tak Bersalah
Pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, memenangi seri pembuka MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (10/3/2019). [AFP/Karim Jaafar]

Selain Honda, ada tiga tim pabrikan MotoGP yang turut menggugat Ducati. Ketiganya antara lain KTM, Aprilia, dan Suzuki.

Suara.com - General Manager Ducati Corse, Luigi Dall'Igna optimis timnya tidak bersalah terkait gugatan yang dilayangkan Honda cs ke Pengadilan Banding Federasi Balap Motor Internasional (FIM).

Selain Honda, ada tiga tim pabrikan MotoGP yang turut menggugat Ducati. Ketiganya antara lain KTM, Aprilia, dan Suzuki.

Mereka menggugat terkait legalitas perangkat aerodinamika yang dipasang di bawah swingarm motor Ducati pada balapan seri pembuka MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (10/3/2019) lalu.

Perangkat yang diduga ilegal itu tak hanya digunakan pada motor kedua pebalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Namun juga ada pada motor pebalap tim satelit Ducati, Jack Miller.

Sebelumnya, keempat pabrikan tersebut juga telah menggugat perangkat baru Ducati tersebut ke pengawas balapan MotoGP. Namun protes tersebut ditolak.

Tak mau menyerah begitu saja, keempat pabrikan itu pun mengajukan banding atas masalah ini ke Pengadilan Banding FIM.

Menanggapi hal ini, Luigi Dall'Igna sangat percaya diri banding keempat pabrikan pesaingnya itu juga akan ditolak.

"Kami percaya bahwa pekerjaan yang kami lakukan telah sesuai dengan regulasi teknis. Kami yakin dan percaya diri bahwa banding tersebut juga akan ditolak," kata Dall'Igna dilansir dari laman resmi MotoGP, Selasa (19/3/2019).

Bos Ducati MotoGP, Gigi Dall'Igna. [AFP/Jure Makovec]
Bos Ducati MotoGP, Luigi "Gigi" Dall'Igna. [AFP/Jure Makovec]

Lantas bagaimana bila banding tersebut diterima? Akankah pihak Ducati melanjutkan permasalahan ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)?

Terkait hal itu, Dall'Igna menyebut pihaknya belum memikirkan sejauh itu. Dia masih optimis gugatan keempat tim MotoGP itu akan ditolak Pengadilan Banding FIM.

"Saya tidak ingin memikirkan akan membawa kasus ini ke CAS. Kami sangat yakin telah sesuai regulasi dan kami tidak melihat alasan pengadilan banding akan menerima gugatan tersebut. Jika banding itu diterima, kami akan melakukan evaluasi dan memikirkan membawa hal itu ke CAS, tapi itu nanti (bukan sekarang)," pungkas bos Ducati Luigi Dall'Igna.

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS