Tinggalkan Timnas, Fictor Roring Juga Lepas Jabatan Pelatih Pelita Jaya

Reky Kalumata | Arief Apriadi
Tinggalkan Timnas, Fictor Roring Juga Lepas Jabatan Pelatih Pelita Jaya
Pelatih Timnas Basket Indonesia, Fictor Roring [Suara.com / Arief APRIADI]

"Mulai musim depan, saya tidak lagi melatih Pelita Jaya," kata Fictor Roring

Suara.com - Setelah memutuskan mundur dari kursi pelatih tim nasional basket putra Indonesia, Fictor Gideon Roring secara mengejutkan juga melepaskan jabatan juru taktik Pelita Jaya Basketball.

Pelatih asal Manado, Sulawesi Utara itu mengatakan jika keluarga dan kesehatan menjadi faktor utama dalam keputusannya kali ini. Musim depan, Ia hanya akan menjadi general manager Pelita Jaya, jabatan yang dipegangnya musim lalu.

"Sebenarnya saya enggak cuma mundur sebagai pelatih timnas, tetapi juga sebagai pelatih Pelita Jaya," kata Fictor Gideon Roring.

"Mulai musim depan, saya tidak lagi melatih Pelita Jaya. Saya akan kembali lagi menjadi General Manager. Jadi tidak melatih langsung seperti sebelumnya," sambungnya.

Di tangan Fictor Roring, Pelita Jaya memang tampil kurang memuaskan musim ini. Klub asal Jakarta itu harus terhenti di perempat final Indonesian Basketball League (IBL) 2018/2019 di tangan Pacific Caesar Surabaya.

Pelatih tim basket Indonesia Fictor Roring hadiri jumpa pers usai pertandingan kontra Timor Leste di ajang test event Asian Games 2018 [Suara.com/Adie Prasetyo]
Pelatih tim basket Indonesia Fictor Roring hadiri jumpa pers usai pertandingan kontra Timor Leste di ajang test event Asian Games 2018 [Suara.com/Adie Prasetyo]

Prestasi itu cendrung menurun dibanding IBL tahun sebelumnya. Pada musim 2017/2018, Pelita Jaya yang masih dilatih Johannis Winrar, sukses melangkah ke babak final meski pada akhirnya takluk dari Satria Muda Pertamina Jakarta.

Terkait mundurnya Fictor Roring dari kursi pelatih timnas basket putra Indonesia, hal itu sejatinya telah disampaikan lebih dulu oleh Ketua Perbasi, Danny Kosasih.

Danny saat ditemui usai laga pertama final IBL 2018/2019 di Britama Arena, Jakarta, Kamis (21/3/209), memastikan Ito --sapaan akrab Fictor-- tak akan menakhodai timnas basket yang akan sebentar lagi akan menghadapi ajang SEA Games 2019 Filipina.

Posisi Ito kemungkinan besar akan digantikan oleh Wahyu Widayat Jati, yakni pelatih yang sukses membawa NSH Jakarta mencetak sejarah dengan untuk pertama kalinya lolos ke babak play-off Indonesian Basketball League (IBL).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS