Indonesia Gantikan Filipina Jadi Tuan Rumah SEA Games? Ini Kata Menpora

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Indonesia Gantikan Filipina Jadi Tuan Rumah SEA Games? Ini Kata Menpora
Menpora Imam Nahrawi memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia U-19. [Suara.com/Dimas Angga P]

Bersama Thailand, Indonesia digadang-gadang berpotensi gantikan Filipina jadi tuan rumah SEA Games 2019.

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi angkat bicara terkait isu yang menyebut Indonesia berpotensi menggantikan Filipina sebagai tuan rumah SEA Games 2019, November mendatang.

Menurut Menpora, pemerintah hingga saat ini dalam posisi menunggu. Pasalnya, kabar bakal mundurnya Filipina dari posisi tuan rumah juga masih simpang siur.

"Sejauh ini saya belum dapat informasi dari KOI (Komite Olimpiade Indonesia), badan yang diminta pemerintah untuk berkomunikasi sekaligus mengantarkan atlet ke (SEA Games 2019) Filipina," kata Menpora Imam Nahrawi di Gedung Krida Bhakti Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (26/3/2019).

"Dan dari pemerintah Filipina, serta pihak kedutaan besar kami juga belum dapat informasi," sambungnya.

Menpora tak ingin menampik sekaligus mengiyakan perihal kemungkinan Indonesia menggantikan Filipina sebagai tuan rumah multievent Asia Tenggara tersebut.

Penonton menyaksikan Upacara Penutupan Asian Games ke 18, tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9). ANTARA FOTO/INASGOC/Afriadi Hikmal
Penonton menyaksikan Upacara Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9). [Antara/INASGOC/Afriadi Hikmal]

Namun, berkaca dari kesuksesan menggelar multievent yang lebih besar seperti Asian Games 2018, dia menilai Indonesia seharusnya bisa menggelar SEA Games 2019.

"Yang harus dipahami bahwa kita baru saja jadi tuan rumah Asian Games 2018, event yang melibatkan negara-negara di Asia. Kedepannya adalah, kita berharap jadi tuan rumah yang lebih besar lagi dari Asian Games," beber Imam Nahrawi.

"Tentu, karena isu ini (mundurnya Filipina sebagai tuan rumah SEA Games 2019) belum jelas, makanya kita pun belum menyiapkan apa-apa. Kita hanya baru menyiapkan Timnas atau Pelatnas saja menuju ke sana," tukasnya.

Rumor mundurnya Filipina sebagai tuan rumah SEA Games 2019 berhembus setelah anggaran yang diajukan Panitia Penyelenggara SEA Games Filipina (PHISGOC) sebesar 7,5 juta miliar peso tak disetujui senat. Anggaran yang disetujui hanya sekitar 5 miliar peso.

Hal itu membuat Indonesia, yang sebelumnya sukses menggelar Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018, digadang-gadang sebagai negara paling berpotensi, disamping Thailand, yang siap menggantikan Filipina sebagai tuan rumah SEA Games 2019.

Kabar tersebut sejatinya sudah dibantah oleh Ketua PHISGOC, Alan Peter Cayetano. Ia menegaskan Filipina siap menggelar multievent dua tahunan tersebut.

"Pertama-tama, persiapan SEA Games kita akan terus berjalan. Saya heran kenapa banyak pihak mengatakan kita akan mundur sebagai tuan rumah," kata Cayetano dilansir Philstar, Senin (25/3/2019).

"Kami tidak terpengaruh dan bertekad untuk membuat SEA Games 2019 ini berhasil," tegasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS