10.000 Peserta Ikut dalam Gw Nuntr 2019 di Padang

Fabiola Febrinastri
10.000 Peserta Ikut dalam Gw Nuntr 2019 di Padang
"Gоwеѕ Nuѕаntаrа 2019", di Padang, Sumatera Barat, Minggu (31/3/2019). (Dok : Menpora)

Gowes di daerah berjuluk Kota Tercinta itu diikuti lebih dari 10.000 peserta.

Suara.com - Program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora) bertajuk "Gw Nuntr 2019", yang mengambil tema “Kt Smu Bersaudara”, resmi dimulai di Padang, Sumatera Barat, Minggu (31/3/2019). Gowes di daerah berjuluk Kota Tercinta itu diikuti lebih dari 10.000 peserta.

Tanda dimulainya perhelatan yang akan berlangsung di 50 titik kabupaten dan kota di seluruh Indonesia itu ditandai bendera start oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Mnr, Rdn Isnanta, yang mewakili Menpora Imam Nahrawi d kwn Kmlk GOR. H. Agu Salim.

"Bapak ibu pecinta sepeda, dengan menghitung mundur lima hingga satu, kita lepas dua kegiatan sepeda, yakni Jelajah Sepeda Nusantara menuju wilayah Timur Indonesia, kemudian diikuti tim Gowes Nusantara 10.000 masyarakat Padang dan sekitarnya," ujarnya.

Isnanta yang didampingi Wali Kota Pdng, Mhld dan Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN, M Yani, mengatakan, di samping bertujuan untuk sehat dan bugar, ajang ini juga untuk mengenalkan kekuatan Indonesia di sektor sosial, budaya, wisata, kuliner dan lainnya.

Dia juga sempat berpesan agar masyarakat dapat membudayakan sepeda, mulai dari pelajar yang berangkat sekolah sampai pekerja yang lebih baik bersepeda menuju tempat bekerja.

"Jika lebih banyak sepeda yang digunakan, maka akan dapat menciptakan udara yang segar dan bebas polusi. Udara segar dan badan pun sehat," katanya.

Isnanta menyebut, Padang memiliki banyak komunitas sepeda. Hal ini terlihat dalam Gowes Nusantara 2019, yang mengenakan seragam komunitas sepedanya.

"Setelah start di Padang, maka  puncak Gowes Nusantara 2019,  rencananya akan dilaksanakan pada September 2019 mendatang. Tepatnya saat perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September," tegas dia.

Selain itu, Menpora juga menyosialisasikan adanya program pendamping Gowes Nusantara, yakni Gowes Jelajah Nusantara yang melibatkan 20 pesepeda. Mereka nantinya akan melakukan touring, mengayuh sepeda dari daerah paling ujung di Timur Indonesia (Papua), mulai dari Merauke, Jayapura, Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur.

"Rombongan akan menyusuri jalanan Indonesia, mengayuh sepedanya sejauh 5.000 kilometer yang akan berakhir di Mataram (Nusa Tenggara Barat). Semoga selesai sesuai yang kami rencanakan," harapnya.

Wali Kota Padang, yang mendampingi Deputi Menpora mengatakan, masyarakat di Padang menyambut dengan senang hati adanya Gowes Nusantara 2019 di kawasan GOR Agus Salim Padang.

Selama ini, lanjut dia, cukup banyak masyarakat di Padang yang gemar berolahraga dengan sepeda.

"Jadi Gowes Nusantara 2019 ini telah turut mengkampanyekan kepada masyarakat untuk meniru gaya hidup sehat melalui bersepeda," sebutnya.

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS