Ketumnya Jadi Timses Jokowi, PABBSI Bebaskan Hak Pilih Para Atlet Pelatnas

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Ketumnya Jadi Timses Jokowi, PABBSI Bebaskan Hak Pilih Para Atlet Pelatnas
Wakil Ketua Umum PB PABBSI Djoko Pramono di Pelatnas angkat besi di Mess Kwini, Kwitang, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

PABBSI mendapat surat ajakan untuk ikut dalam Deklarasi Dukungan Komunitas Olahraga untuk paslon Jokowi-Ma'ruf.

Suara.com - Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) memastikan tak akan mencampuri hak pilih para atlet Pelatnas terkait pilihan pada Pilpres 2019, 17 April mendatang.

Induk cabang olahraga Angkat Besi di Indonesia ini memberikan kebebasan kepada para atletnya, meski sang ketua umum, Roslan P. Roeslani, menjadi bagian dari timses pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

Hal itu sebagaimana disampaikan Wakil Ketua Umum PB PABBSI Djoko Pramono di sela-sela tes progres atlet angkat besi di Mess Kwini, Kwitang, Jakarta Pusat, pada Jumat (5/4/2019).

"Pemilu akan diadakan pada 17 April. Saya tidak mau memengaruhi kalian siapa yang kamu pilih. Mohon kepada Allah SWT bahwa yang kamu pilih adalah pemimpin yang akan memimpin bangsa," kata Djoko dihadapan para atlet Pelatnas angkat besi.

Lebih jauh, Djoko membenarkan PABBSI mendapat surat ajakan, seperti halnya kepada tim-tim Indonesian Basketball League (IBL), untuk ikut dalam Deklarasi Dukungan Komunitas Olahraga guna mendukung paslon Jokowi-Ma'ruf Amin.

Acara deklarasi tersebut akan berlangsung pada, Minggu (7/4/2019), di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten.

Atlet dan pelatih pelatnas angkat besi usai menggelar tes progres di Mess Kwini, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]
Atlet dan pelatih pelatnas angkat besi usai menggelar tes progres di Mess Kwini, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Namun, Djoko memastikan pihak PABBSI membebaskan para lifter Pelatnas untuk mengikuti atau tidak ajakan itu. Semua, kata Joko, kembali kepada pilihan masing-masing.

"Kebetulan ketua kita (Roslan P. Roeslani—red) adalah tim sukses Jokowi, boleh-boleh saja. Dan beliau menginginkan bagi kalian yang mendukung Jokowi disiapkan bus untuk ikut di acara tersebut," tutur Djoko.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB PABBSI, Alamsyah Wijaya mengatakan, masalah dukung-mendukung salah satu paslon adalah sah-sah saja.

Asalkan, hal itu dilakukan atas nama pribadi, bukan membawa nama cabang olahraga.

"Tidak masalah asal itu membawa nama pribadi," ujar Alamsyah.

Sebelumnya, publik digegerkan oleh kabar operator IBL menyebar undangan deklarasi dukungan kepada salah satu paslon pada Pilpres 2019 kepada para tim peserta IBL.

Hasan Gozali selaku Direktur IBL menjelaskan jika undangan itu berasal dari PP Perbasi selaku federasi bola basket Tanah Air. Namun, PP Perbasi telah menampik hal tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS