Wiji Lestari Ditarget Lolos ke Final Asian BMX Championships 2019

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Wiji Lestari Ditarget Lolos ke Final Asian BMX Championships 2019
Pembalap sepeda BMX Cina peraih medali emas Yaru Zang (tengah) berfoto bersama pembalap Thailand peraih perak Chutikan Kitwanitsathian (kiri) dan peraih medali perunggu dari Indonesia Wiji Lestari (kanan) pada nomor Sepeda BMX Putri Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Pulomas International BMX Center, Jakarta [ANTARA FOTO/INASGOC/Mohammad Ayudha].

Target lolos sampai final ini penting bagi Wiji Lestari untuk kualifikasi Olimpiade 2020.

Suara.com - Pebalap BMX putri Indonesia, Wiji Lestari mendapat target tinggi saat turun di kejuaraan Asian BMX Championships 2019 yang akan berlangsung di Sirkuit Nilai, Negeri Sembilan, Malaysia (13-14/4/2019).

Pebalap sepeda berusia 19 tahun itu diharapkan pelatih kepala tim nasional (Timnas) balap sepeda Indonesia, Dadang Haris Purnomo, untuk bisa lolos hingga putaran final.

Menurut Dadang Haris Purnomo, target lolos ke putaran final penting bagi Wiji Lestari dan pebalap lain. Pasalnya, sebagai ajang kualifikasi Olimpiade 2020, kejuaraan Asian BMX Champhionships 2019 menjanjikan poin yang cukup besar.

Pebalap sepeda BMX perempuan China Yan Lu (kiri), pebalap Indonesia Wiji Lestari (tengah) dan Cupi Nipianti memacu sepedanya saat babak kualifikasi Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Pulo Mas International, Jakarta, Sabtu (25/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Jefri Tarigan
Pebalap sepeda BMX perempuan China Yan Lu (kiri), pebalap Indonesia Wiji Lestari (tengah) dan Cupi Nipianti memacu sepedanya saat babak kualifikasi Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Pulo Mas International, Jakarta. [ANTARA FOTO/INASGOC/Jefri Tarigan].

"Target sih bisa sampai final. Akan tetapi untuk semua pasti ada target, karena ini sangat besar poinnya untuk lolos ke Olimpiade. Minimal ya harus ke babak final," ujar Dadang Haris Purnomo.

Wiji Lestari sendiri menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang akan turun di nomor Women Elite. Sementara, pebalap BMX putri andalan Indonesia, Elga Kharisma Novanda masih berkutat dengan cedera.

Meski masih tergolong muda sebagai pebalap senior, Wiji Lestari bukanlah atlet tanpa pengalaman. Ia adalah peraih medali perunggu nomor BMX putri di Asian Games 2018.

Dadang Haris Purnomo berharap Wiji Lestari bisa memikul tanggung jawab besar di pundaknya, meski lawan-lawan di Asian BMX Championships 2019 terbilang sulit.

"Untuk Wiji (Lestari) sendiri saingan terberatnya nanti ada dari China, Japan, dan Thailand. Jadi sedikit berat," tukasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS