Dirundung Cedera, Emilia Nova Tetap Kejar Emas SEA Games 2019

Rizki Nurmansyah
Dirundung Cedera, Emilia Nova Tetap Kejar Emas SEA Games 2019
Pelari Korea Selatan Hyelim Jung (kiri) bersama pelari Indonesia Emilia Nova (kanan) merayakan kemenangan seusai Final nomor lari gawang 100 meter putri Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (26/8). [Antara/INASGOC/M Agung Rajasa]

"SEA Games terakhir kan dapat perak, inginnya (di SEA Games 2019) dapat emas," kata Emilia Nova.

Suara.com - Cedera tumit yang tengah dialami Emilia Nova tak membuatnya berhenti untuk mengejar prestasi puncak. Dia tetap mengejar misi meraih emas SEA Games 2019 di Filipina, November mendatang.

"Kalau untuk target SEA Games, asal Emil sehat-sehat saja masih bisa ditargetkan emas, Insya Allah," ujar Pelatih Lari Gawang Pelatnas Atletik, Ongky di Jakarta, Selasa (29/5), dilansir dari Antara.

Emilia Nova mengalami cedera saat mengikuti Kejuaraan Atletik Asia di Qatar, akhir April lalu.

Akibatnya, dia harus absen dari beberapa kejuaraan internasional pada bulan ini, termasuk World Relay Championship 2019 di Yokohama dan Osaka, Jepang.

Atlet lari gawang 100m Emilia Nova melawan Hsieh Hsi En dari Taiwan, (11/2). (Suara.com/Kurniawan M)
Atlet lari gawang 100m Emilia Nova (kiri) melawan Hsieh Hsi En dari Taiwan, (11/2). [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Namun, kata Ongky, perempuan kelahiran Jakarta itu sedang dalam proses pemulihan untuk persiapan Summer Universiade pada Juli dan SEA Games 2019.

"Kalau persiapan Emil memang masih penyembuhan, tapi sekarang sudah lebih baik. Dia sudah bisa jogging pelan di rumput. Kondisinya sudah 90 persen," ungkap Ongky.

Lebih jauh, Ongky mengatakan, peraih medali perak Asian Games 2018 itu juga masih menyimpan asa untuk lolos dari kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo.

"Lolos Olimpiade itu impian setiap atlet dan pelatih. Kalau Emil kemarin catatan waktunya 13,32 (detik) sedangkan batas Olimpiade 12,8 detik. Waktunya masih panjang untuk persiapan, sampai tahun depan," kata Ongky.

Senada dengan pelatih, Emilia Nova mengungkapkan harapannya untuk lolos ke ajang pesta olahraga kelas dunia itu.

"Pasti semua ingin ikut Olimpiade. Cuma harus mengikuti prosesnya dulu. Kalau prosesnya bagus, hasilnya pasti bagus. Kalau saya tidak ingin muluk-muluk, ingin nikmati prosesnya dulu saja," ungkap Emilia Nova.

Ditanya mengenai target pribadi di Summer Universiade, Emilia mengaku tidak menaruh harapan terlalu tinggi.

"Paling saya fokus ke SEA Games. Untuk Universiade, aku ambil pengalamannya saja. Kalau SEA Games terakhir kan dapat perak, inginnya (di SEA Games 2019) dapat emas. Tapi yang penting sehat, tidak cedera dan cedera yang sekarang cepat sembuh," tutur Emilia Nova.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS