MotoGP Italia 2019 Jadi Salah Satu Balapan Terburuk bagi Valentino Rossi

Reky Kalumata | Arief Apriadi
MotoGP Italia 2019 Jadi Salah Satu Balapan Terburuk bagi Valentino Rossi
Pebalap Monsters Energy Yamaha, Valentino Rossi sebelum tampil balapan MotoGP Italia di Mugello. Tiziana FABI / AFP

Valentino Rossi gagal finis di seri balapan MotoGP Italia 2019

Suara.com - Pebalap Monsters Energy Yamaha, Valentino Rossi tak bisa menyembunyikan kekecewaan usai gagal finis di seri balapan MotoGP Italia 2019. Ia menyebut balapan di Sirkuit Mugello itu jadi salah satu yang terburuk dalam kariernya.

Valentino Rossi menatap balapan di negara kelahirannya sendiri dengan optimisme tinggi, menyusul hasil cukup sip dalam beberapa tahun terakhir di sirkuit dengan lintasan sepanjang 5,245 km tersebut.

Pada 2016, pebalap berjuluk The Doctor itu mampu tampil dominan sebelum akhirnya urung finis akibat kegagalan mesin. Setahun berikutnya mampu finis diurutan keempat dan mempertajam catatannya di 2018 dengan finis di podium ketiga.

Namun, optimisme Rossi di MotoGP Italia 2019 sudah mulai luntur sejak sesi latihan bebas dan kualifikasi. Pebalap kelahiran Urbino, Italia itu tak mampu tampil cepat hingga harus mengawali balapan dari posisi 18.

Pebalap kawakan Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, melibas tikungan di Sirkuit Le Mans pada sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Prancis, Jumat (17/5/2019). [AFP/Jean-Francois Monier]
Pebalap kawakan Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, melibas tikungan di Sirkuit Le Mans pada sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Prancis, Jumat (17/5/2019). [AFP/Jean-Francois Monier]

Mimpi buruk akhirnya benar-benar jadi kenyataan kala Rossi yang tengah mencoba melewati Jaon Mir (Suzuki Ecstar) membuat dirinya keluar lintasan hingga posisinya melorot ke urutan terakhir (22).

"Tragedi" untuk The Doctor yang tahun ini genap berusia 40 tahun akhirnya lengkap kala terjatuh ditikungan kedua pada lap kedelapan hingga harus mengakhiri balapan lebih cepat.

"Pekan yang sangat sulit dan salah satu balapan terburuk untuk waktu yang sangat lama, karena sejak awal kami tak pernah benar-benar tampil cepat," ujar Valentino Rossi dilansir dari Crash, Senin (3/6/2019).

"Kami membalap di sini dengan pemahaman bahwa balapan ini akan sulit, tapi kami berharap bisa tampil kuat di Mugello. Namun kenyataannya tak seperti itu, dan selama sesi latihan kami tak mampu tampil cepat," sambungnya.

Lebih jauh, Rossi menyebut kondisi motor Yamaha YZR-M1 yang tak pernah benar-benar prima adalah kendala utama dari hasil buruk kali ini. Ia berharap seluruh kru bisa bekerjasama untuk memperbaiki masalah tersebut.

"Di mana kami menderita? di mana-mana! Sejak awal! memang saya tak membuat awal yang fantastis karena tersusul 3-4 pebalap. Tapi ini perbedaan besar karena akselerasi dari sudut ke sudut, membuat kami menderita," ujar Rossi.

"Bukan hanya dari sisi kecepatan, tapi akselerasi juga, dan sekarang jaraknya dengan motor-motor lain cukup besar."

"Balapan seperti ini amatlah sulit. Kami harus mencoba untuk melakukan sesuatu," pungkasnya.

Kegagalan finis di MotoGP Italia 2019 membuat posisi Rossi di klasemen sementara MotoGP 2019 melorot ke posisi lima dengan raihan 72 poin. Tertinggal 10 angka dari Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) yang berhasil finis terdepan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS