Ingat! Setelah Formula E 2020, Indonesia Akan Gelar MotoGP 2021

Rizki Nurmansyah
Ingat! Setelah Formula E 2020, Indonesia Akan Gelar MotoGP 2021
Balapan Formula E di Invalides Monument, Paris, Prancis pada, Sabtu (27/4/2019). [AFP/Kenzo Tribouillard]

Kabar Jakarta menjadi salah satu host Formula E 2020 disampaikan langsung Gubernur DKI Anies Baswedan.

Suara.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi mengumumkan bahwa Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balapan Formula E 2020. Kabar ini tentu menjadi berita bahagia bagi penggemar balap di Tanah Air.

Sebab, pencinta balapan di Indonesia tentu sudah haus akan hiburan menantikan kembalinya balapan berskala internasional di Tanah Air.

Terakhir kali Indonesia menggelar ajang balap dunia yaitu kejuaraan balap mobil A1 Grand Prix.

Saat itu, Indonesia menjadi tuan rumah selama dua musim awal penyelenggara A1 Grand Prix; musim 2005/06 dan 2006/07.

Penyelenggaraan A1 Grand Prix sendiri hanya bertahan selama empat musim, dimana Sirkuit Brands Hatch, Inggris menjadi tuan rumah seri terakhir pada 3 Mei 2009.

Kabar Jakarta menjadi salah satu host Formula E 2020 disampaikan langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun Facebook dan Twitter pribadinya, Minggu (14/7/2019).

"Usai mencapai kesepakatan untuk menjadikan Jakarta sebagai salah satu kota host Formula E 2020. Berdiri di sisi kiri adalah Alejandro Agag, CEO @FIAFormulaE, dan yang di sisi kanan Alberto Longo, Co-Founder dan CCO FIA Formula E," cuit Anies.

Formula E adalah ajang balapan mobil single-seater terpopuler kedua sesudah Formula 1 (F1). Bedanya dengan F1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga bebas emisi.

Sementara itu, sebagaimana diketahui pada tahun 2021, atau setahun setelah penyelenggaraan Formula E 2020 di Jakarta, Indonesia juga akan menggelar balapan motor paling bergengsi di dunia, yakni MotoGP.

Ajang MotoGP Indonesia 2021 akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Proses pembangunan sirkuit masih terus berlangsung yang ditargetkan rampung pada 2020.

Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, Lombok, Sabtu (23/3).[ARSYAD ALI/AFP]
Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok, Sabtu (23/3). [AFP/Arsyad Ali]

Pada pertengahan Mei lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat meninjau langsung pembangunan Sirkuit Mandalika, guna melihat kesiapan penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2021.

Dalam kesempatan itu, Jokowi memuji proses pembangunan infrastruktur yang tengah dibangun tersebut.

"Saya ingin melihat perkembangan dari Mandalika. Pak Dirut (ITDC) menyampaikan hotelnya sudah ada 7 yang sewa, dan 3 sedang dibangun. Intinya sebuah perkembangan yang sangat bagus," ujar Jokowi saat mengomentari persiapan MotoGP Indonesia 2021, Jumat (17/5/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS