Jakarta Resmi Gelar Balapan Formula E 2020

Reky Kalumata | Arief Apriadi
Jakarta Resmi Gelar Balapan Formula E 2020
Peluncuran Formula E Jakarta. (Suara.com/Fakhri)

Balapan single seaters itu dijadwalkan bakal berlangsung 6 Juni 2020

Suara.com - Jakarta resmi menjadi salah satu tuan rumah ajang balap jet darat Formula E musim 2019-2020. Kabar tersebut diumumkan pihak Formula E melalui laman resmi mereka, Jumat (20/9/2019).

Dalam keterangan resminya, Jakarta mendapat jatah menghelat seri ke-11 Formula E 2019-2020. Balapan single seaters itu dijadwalkan bakal berlangsung pada 6 Juni 2020.

"Kejuaraan Formula E ABB FIA menghantam jalan-jalan di ibukota Indonesia, Jakarta untuk pertama kalinya pada tanggal 6 Juni 2020," tulis pengumuman tersebut melalui laman resmi Formula E, Jumat (20/9/2019).

Peluncuran Formula E Jakarta. (Suara.com/Fakhri)
Peluncuran Formula E Jakarta. (Suara.com/Fakhri)

"Lihatlah garis paling kompetitif dalam pertarungan balapan di jalanan, di mana 24 mobil dan pengemudi menavigasi jalan melewati negara terkenal di Asia Tenggara. Bersiap-siap Jakarta, kami datang untuk Anda," sambungnya.

Sayangnya, dalam pengumuman tersebut, pihak Formula E belum mengungkap jalan mana yang akan digunakan sebagai sirkuitnya.

Mereka hanya mengatakan bahwa, Formula E 2020 seri Jakarta bakal digelar di kawasan jalan raya Monumen Nasional (Monas), mencakup jalan Medan Merdeka.

Alberto Longo selaku Co-Founder & Chief Championship Officer of Formula E, menyebut Indonesia merupakan tuan rumah yang sangat spesial bagi ajang single seaters ini.

Pasalnya, sejak lama, Indonesia sudah sangat familiar dengan event Motorsport. Bahkan pada 2021 mendatang, Indonesia telah resmi menjadi tuan rumah MotoGP dan World Superbike.

"Indonesia sudah memiliki kedekatan dengan ajang motorsport --telah menggelar berbagai event di masa lalu dan mengembangkan para pebalapnya ke level atas. Indonesia juga memiliki basis penggemar yang sangat aktif dan berkembang," tutur Longo.

Peluncuran Formula E Jakarta. (Suara.com/Fakhri)
Peluncuran Formula E Jakarta. (Suara.com/Fakhri)

Sementara di saat yang sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mengumumkan bahwa Jakarta menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik, Formula E pada 2020.

Peresmian ini akhirnya diumumkan setelah melalui tahap finalisasi dari pihak FIA selaku inisiator ajang ini. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan pembicaraan soal menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah Formula E telah tuntas.

Anies menggelar pengumuman mengenai perhelatan Formula E di Jakarta bersama Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Bersama Ketua Jakarta Propertindo (Jakpro), Iwan Takwin dan Ketua Ikatan Motor Indonesia, Sadikin Aksa, Anies menyatakan Formula E di Jakarta akan digelar 6 Juni 2020.

"Saya ke sini untuk menyampaikan kepada masyarakat Indonesia bahwa perlombaan balap mobil Formula E tahun 2020 atau season ke enam akan diselenggarakan pada 6 Juni 2020," ujar Anies di lokasi.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) telah ditunjuk oleh Pemprov DKI menjadi penyelenggara balapan ini. Rencananya akan ada berbagai rangkaian acara mulai dari pre event, side event hingga main event.

Anies juga mengklaim penyelenggaraan Formula E ini akan mendorong pendapatan daerah Jakarta. Bahkan nilainya disebut mencapai Rp 1,3 triliun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS