Mulai 2020, Sekolah di Jakarta Adopsi Kurikulum Jr. NBA

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Mulai 2020, Sekolah di Jakarta Adopsi Kurikulum Jr. NBA
Penandatanganan nota Kesepakatan Bersama antara Jr. NBA dan Pemprov DKI Jakarta yang juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tengah), berlangsung di Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, Kamis (17/10/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Memadukan kurikulum Jr. NBA dengan kurikulum pendidikan jasmani di sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler.

Suara.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan National Basketball Association (NBA) mengumumkan kolaborasi inovatif terkait pengembangan bola basket di Indonesia.

Mulai 2020, 3.100 sekolah di Jakarta, dari SD, SMP, hingga SMA akan mengadopsi kurikulum olahraga basket dan pengembangan kebugaran Jr. NBA.

Kolaborasi tersebut diresmikan oleh Managing Director NBA Asia, Scott Levy dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat.

Penandatanganan nota Kesepakatan Bersama yang juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berlangsung di Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung upaya NBA untuk terus meningkatkan kesehatan dan mendorong gaya hidup aktif generasi muda melalui permainan basket," ujar Anies.

"Kami menaruh perhatian sangat besar pada pendidikan olahraga dan kami menyadari potensi signifikan dari kurikulum Jr. NBA dalam membentuk generasi masa depan Indonesia," sambungnya.

Sementara Levy berharap dengan masuknya kurikulum Jr. NBA ke sekolah-sekolah di DKI Jakarta mulai 2020, generasi muda Indonesia bisa terbiasa dengan gaya hidup sehat.

"Kami sangat menghargai dukungan penuh Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta terhadap NBA di Indonesia," tutur Levy.

"Dukungan Gubernur DKI Jakarta memperkuat komitmen jangka panjang kami dalam mengembangkan generasi muda lebih aktif dan sehat melali olahraga basket," lanjutnya.

Perwakilan siswa di lingkungan DKI Jakarta turut menghadiri acara nota Kesepakatan Bersama antara Jr. NBA dan Pemprov DKI Jakarta di Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, Kamis (17/10/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]
Perwakilan siswa di lingkungan DKI Jakarta turut menghadiri acara nota Kesepakatan Bersama antara Jr. NBA dan Pemprov DKI Jakarta di Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, Kamis (17/10/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Bentuk kongkret dari kerjasama NBA dan Pemprov DKI Jakarta adalah memadukan kurikulum Jr. NBA dengan kurikulum pendidikan jasmani di sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler.

Hal itu diharapkan bisa memberikan pelatihan olahraga basket bagi sekitar 1,5 juta siswa pada 2020.

Selain untuk para siswa, guru-guru olahraga di sekolah juga mendapat fasilitas untuk mempelajari kurikulum Jr. NBA dengan mengakses lebih dari 300 video tutorial Jr. NBA melalui laman jrnba.asia atau dengan mengunduh aplikasi Akademi Pelatih Jr. NBA di Playstore dan App Store.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS