KOI Tekan MoU dengan Kemenpora, Anggaran SEA Games 2019 Cair Pekan Depan

Reky Kalumata | Arief Apriadi
KOI Tekan MoU dengan Kemenpora, Anggaran SEA Games 2019 Cair Pekan Depan
Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto saat menghadiri acara penandatanganan Nota Kesepemahaman (MoU) antara Kemenpora dan KOI terkait pencairan anggaran SEA Games 2019 di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019). (Suara.com/ Arief Apriadi)

Kemenpora menguncurkan dana untuk SEA Games 2019 sebesar Rp 59,6 miliar kepada KOI

Suara.com - Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto memastikan pencairan anggaran SEA Games 2019 akan dikucurkan ke pihak Komite Olimpiade Indonesia (KOI) tak lebih dari pekan depan.

Hal itu disampaikan Gatot usai menghadiri acara penandatanganan Nota Kesepemahaman (MoU) antara Kemenpora dan KOI di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Kemenpora menguncurkan dana untuk SEA Games 2019 sebesar Rp 59,6 miliar kepada KOI. Dana itu digunakan untuk keperluan seluruh kontingen Merah Putih di Filipina.

Dana dari Kemenpora sejatinya tak sesuai dengan apa yang diajukan KOI yakni sebesar Rp 64 miliar.

Namun, Gatot menegaskan bahwa jumlah tersebut sudah melewati verifikasi dan dipastikan mencukupi untuk biaya operasional seluruh wakil Indonesia.

"Hitung-hitungannya hari ini Mou, dan Jumat baru dilaporkan ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara), sementara beberapa cabor sudah ada yang berangkat," ujar Gatot.

"Jadi kami sepakat dengan Deputi IV untuk membuatkan surat, agar ada jalur khusus supaya waktu lima hari (pencairan anggaran setelah dilaporkan KPPN) tak usah dilampaui, dan bisa dipepet lebih cepat," sambungnya.

Sementara pihak KOI yang diwakili Sekretaris Jendral Ferry Kono mengapresiasi proses pencairan anggaran SEA Games 2019 oleh Kemenpora.

Kendati dana yang diajukan tak semuanya terpenuhi, Ferry menyebut KOI tetap menghormati Kemenpora dan juga sudah mencari cara agar bisa menutupi kekurangan dana tersebut.

"Dari pengajuan Rp 64 miliar, yang dipenuhi Rp 59 miliar sekian, tapi ada partisipasi aktif dari masing-masing cabang olahraga yang membiayai kontingen khsusunya ofisialnya secara mandiri," beber Ferry Kono.

"Kami juga dapat bantuan sponsor. Semoga dukungan ini bisa berdampak positif bagi kontingen Indonesia di SEA Games 2019," sambungnya.

Indonesia sendiri menurunkan sebanyak 1303 orang untuk mengikuti sebanyak 52 cabor dari 56 yang dipertandingkan di SEA Games 2019. Rinciannya, 841 diantaranya adalah atlet sementara sisanya merupakan ofisial tim.

"Kita dapat sponsor dari Gojek dan Walls. Sehingga dari sponsor ini diharapkan bisa menutupi kekurangan," beber Ferry.

"Gojek kurang lebih menguncurkan dana Rp 2,5 miliar, Walls Rp 5 miliar tapi sampai Olimpiade. Jadi sementara dari Gojek kita gunakan Rp 2,5 miliar dari Walls Rp 1,5 miliar saja," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS