Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021: Timnas Basket Indonesia Dibungkam Filipina

Rully Fauzi | Arief Apriadi
Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021: Timnas Basket Indonesia Dibungkam Filipina
Timnas Basket Indonesia kembali gagal mencuri poin saat memainkan laga kandang Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Kali ini, skuat Garuda takluk di tangan Filipina, Minggu (23/2/2020). [Dok. FIBA]

Timnas Basket Indonesia kalah telak dengan skor 70-100.

Suara.com - Timnas Basket Indonesia kembali gagal mencuri poin saat memainkan laga kandang Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Teranyar, skuat Garuda takluk di tangan Filipina, Minggu (23/2/2020) malam.

Bermain di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Timnas Basket Putra Indonesia tak berdaya di hadapan skuat muda Filipina. Abraham Damar Grahita dan kolega kalah telak dengan skor 70-100.

Di kuarter pertama, laga berlangsung cukup alot. Hingga waktu berjalan tiga menit, baik Indonesia maupun Filipina masing-masing hanya mampu mencetak tiga angka.

Pertandingan perlahan mulai memanas saat di enam menit tersisa kuarter pertama. Kedua tim saling bergantian memimpin angka, sebelum Filipina menutup kuarter dengan keungulan 15-18.

Memasuki kuarter kedua, Indonesia berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 17-18 melalui lemparan dua angka Andakara Prastawa.

Namun Filipina seperti mengamuk setelah itu, dengan mencetak 14 angka beruntun hingga skor berubah 17-32.

Skuat Merah-Putih baru bisa memutus rangkaian angka Filipina melalui Kaleb Ramot Gemilang. Lay-up pemain berposisi forward itu mengubah skor menjadi 19-32.

Satu menit jelang paruh pertama berakhir, Indonesia mencoba tampil menekan. Delapan poin beruntun berhasil diciptakan lewat free throw hingga skor berubah 27-35.

Filipina sendiri tak tinggal diam setelah itu. Mereka sempat memutus rentetan poin Indonesia melalui Poy Erram, sebelum free throw dari Prastawa menutup paruh pertama dengan skor menjadi 28-37.

Memasuki kuarter ketiga, skuat asuhan Rajko Toroman tampil ngebut. Indonesia sukses mencetak enam angka beruntun hingga menipiskan jarak menjadi 34-37.

Kejar-kejaran angka terus terjadi. Di kuarter ketiga ini, pertahanan Indonesia terlihat lebih baik.

Ya, perolehan angka Filipina mampu diredam, disamping Abraham Damar Grahita dan kolega tampil cukup tajam, baik lewat lemparan tiga angka maupun di paint area.

Kendati tampil membaik, Indonesia nyatanya tetap kesulitan untuk mengimbangi dominasi Filipina. Kuarter ketiga berakhir 53-67 untuk keunggulan The Gilas --julukan Timnas Basket Filipina.

Pada kuarter pamungkas, 'penyakit' Timnas Basket Indonesia kembali terlihat. Mendapat full-court press dari Filipina, skuat Merah-Putih banyak melakukan turnover yang berujung poin bagi lawan.

Indonesia pun pada akhirnya tak mampu mengejar ketertinggalan dari Filipina. Saat bel berakhirnya kuarter keempat berbunyi, skuat Merah-Putih kalah dengan skor 70-100.

Di laga ini, Indonesia melakukan 16 turnover. Abraham dan Hardianus Lakudu 'menyumbang' kehilangan bola terbanyak dengan masing-masing empat turnover.

Dari kubu Filipina, Thirdy Ravena menjadi pemain penyumbang angka terbanyak dengan 23 poin.

Sementara dari skuat Indonesia, Andakara Prastawa tampil gemilang dengan 28 angka, disusul 17 angka dari Abraham Damar Grahita.

Sebelum kalah dari Filipina, Timnas Basket Putra Indonesia juga gagal mencuri poin saat menjamu Korea Selatan pada Kamis (20/2/2020) lalu. Dalam laga itu, skuat Merah-Putih kalah dengan skor 76-109.

Indonesia sendiri masih punya kesempatan lolos ke putaran final FIBA Asia Cup 2021. Windows atau tahap kedua dan ketiga akan berlangsung pada November tahun ini dan Februari 2021 mendatang.

Selain bakal kembali menghadapi Korea Selatan dan Filipina, Indonesia juga akan menghadapi dua laga dengan Thailand di tahap kedua dan ketiga.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS