Penundaan Olimpiade 2020, Jonatan Christie: Demi Kebaikan Semua

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Penundaan Olimpiade 2020, Jonatan Christie: Demi Kebaikan Semua
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie, yang akrab disapa Jojo, tersingkir di babak pertama All England 2020 dari wakil Malaysia, Lee Zii Jia, Rabu (11/3/2020). [Humas PBSI]

Olimpiade 2020 ditunda lantaran pandemi virus Corona di dunia.

Suara.com - Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie menyambut baik terkait penundaan Olimpiade 2020 Tokyo hingga satu tahun ke depan.

Peraih medali emas Asian Games 2018 itu mengatakan, penyelenggaraan Olimpiade 2020 memang tak ideal digelar sekarang, lantaran pandemi virus Corona di dunia.

Wabah virus yang juga dikenal dengan nama Covid-19 itu telah berdampak pada aspek-aspek kehidupan, tak terkecuali dunia olahraga.

Peta sebaran virus corona di Jakarta. [corona.jakarta.co.id]
Peta sebaran virus corona di Jakarta. [corona.jakarta.co.id]

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) bahkan telah menunda berbagai turnamen hingga akhir Mei 2020.

"Persiapan kami dan pemain dari semua negara pasti terganggu selama Corona masih mewabah, jadi menurut saya memang sebaiknya diundur," ujar Jonatan Christie dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Jumat (27/3/2020).

"Ditunda itu kan untuk kebaikan dan kesehatan semua manusia. Olimpiade bukan hal yang harus dilakukan saat ini juga."

"Karena sekarang yang lebih urgent itu adalah menghentikan penyebaran Covid-19 agar tidak semakin banyak korban," tambahnya.

Jonatan Christie dan para atlet yang berangkat ke All England 2020 pada 11-15 Maret lalu kekinian tengah menjalani masa isolasi mandiri di asrama Pelatnas PBSI.

Isolasi yang dicetuskan PBSI lewat surat bernomor 158/0.5/III/2020 telah berlangsung sejak 15 Maret lalu dan akan berakhir pada awal April 2020.

Sebelum resmi ditunda oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan tuan rumah Jepang, Olimpiade 2020 rencananya bakal berlangsung pada 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS