Lelang, Handuk Perpisahan Kobe Bryant Terjual Rp 541 Juta

Rizki Nurmansyah
Lelang, Handuk Perpisahan Kobe Bryant Terjual Rp 541 Juta
Reaksi mendiang Kobe Bryant saat menonton video pesan dari rekan sejawat di NBA pada laga terakhirnya di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (13/4/2016). [AFP/Frederic J. Brown]

Kobe Bryant meninggal dalam kecelakaan helikopter pada 26 Januari 2020.

Suara.com - Handuk Kobe Bryant yang dikenakan dalam pidato perpisahannya setelah pertandingan NBA terakhir dilelang pada, Minggu (29/3/2020). Hasilnya terjual lebih dari 33 ribu dolar AS (sekitar Rp 541 juta).

Bintang Lakers tersebut mengakhiri pidatonya di Staples Center di Los Angeles dengan ciri khasnya "Mamba Out" sebelum berjalan ke luar lapangan.

Sejak Kobe Bryant meninggal dalam kecelakaan helikopter, memorabilia juara NBA lima kali itu muncul di situs lelang, karena pedagang mencoba untuk menghasilkan uang dari kematian sang legenda dan kolektor berebut untuk memperoleh benda berharga itu.

Dua legenda basket, Kobe Bryant (kiri/LA Lakers) dan Michael Jordan (Chicago Bulls), kala bertanding dalam laga NBA di United Center, 17 Desember 1997. [AFP/Vincent Laforet]
Dua legenda basket, Kobe Bryant (kiri/LA Lakers) dan Michael Jordan (Chicago Bulls), kala bertanding dalam laga NBA di United Center, 17 Desember 1997. [AFP/Vincent Laforet]

Penawaran yang memenangi lelang handuk Kobe Bryant—bersama dengan dua tiket dari pertandingan 13 April 2016—sebesar 33.077,16 dolar AS.

Presiden Iconic Auctions Jeff Woolf mengatakan bahwa sang pembeli dikenal mempunyai koleksi memorabilia Lakers terbanyak di seluruh dunia.

"Ia seorang penggemar setia Lakers. Rencana jangka panjangnya adalah membuat museum di California Selatan," kata Woolf dikutip Suara.com dari Reuters, Senin (30/3/2020).

Woolf mencatat bahwa penawar yang sama sebelumnya menghabiskan 30.000 dolar untuk buku tahunan dari masa sekolah menengah Kobe Bryant.

Kobe Bryant (41), putrinya yang berusia 13 tahun, Gianna, dan tujuh orang lainnya meninggal dalam kecelakaan helikopter pada 26 Januari lalu di Calabasas, California.

Kobe Bryant menghabiskan 20 musim bersama Lakers dan memenangi lima gelar NBA. Ia pernah dinobatkan sebagai MVP NBA 2007/08, pilihan All-NBA 15 kali, All-Star 18 kali dan 12 kali anggota tim All-Defensive.

Kobe Bryant juga dua kali dinobatkan sebagai MVP Final NBA dan MVP All-Game Star empat kali.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS