Pelatnas Libur, PBSI Jaga VO2 Max Hendra Setiawan Cs

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Pelatnas Libur, PBSI Jaga VO2 Max Hendra Setiawan Cs
Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, berlatih di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, jelang mengikuti kejuaraan China Open 2019, Rabu (11/9). [Suara.com/Arief Apriadi]

VO2 Max merupakan parameter kebugaran seorang atlet.

Suara.com - PBSI tetap berusaha menjaga kondisi fisik atlet-atletnya kendati Pelatnas tengah diliburkan hingga 2 Juni mendatang.

Mereka yang kini masih menghuni asrama Pelatnas Cipayung, tetap diharuskan menjalani program latihan fisik guna menjaga VO2 Max.

VO2 Max merupakan parameter kebugaran seorang atlet.

Hal itu sangat berpengaruh dengan tingkat ketahanan fisik saat atlet melakukan kegiatan intensif seperti berlari dalam waktu tertentu.

Semakin tinggi VO2 Max seseorang, maka volume maksimal oksigen yang bisa diproses oleh tubuh saat melakukan kegiatan 'berat' juga semakin banyak.

Pelatih Fisik PBSI, Felix Ary Bayu Marta, tak menampik bahwa VO2 Max atlet akan turun lantaran intensitas latihan sangat berkurang akhir-akhir ini.

Karena itu, fokus tim pelatih fisik saat ini sebisa mungkin menjaga kondisi Hendra Setiawan dan kawan-kawan agar tidak terlalu drop selama libur Pelatnas.

"VO2 max akan turun itu pasti, tapi bagaimana kita jaga supaya turunnya tidak signifikan," ujar Felix dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Senin (6/4/2020).

Untuk menjaga VO2 Max atlet tetap terjaga, PBSI kini memberikan program latihan fisik bagi setiap sektor dengan intensitas dan variasi latihan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan atlet.

Suasana latihan Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (11/9). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Suasana latihan Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (11/9). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Program fisik yang dijalani para atlet antara lain, endurance (ketahanan), speed (kecepatan), strength (kekuatan), koordinasi gerak dan sebagainya.

Felix mengungkapkan bahwa latihan fisik yang dijalani atlet Pelatnas Bulutangkis akan berbeda-beda setiap harinya.

Semisal, hari senin difokuskan untuk peningkatan endurance dengan jogging selama 45 menit.

"Sekarang di Pelatnas ada sesi lari, latihan sepeda dan bodyweight. Program latihannya sama, tidak ditambah dengan berkurangnya porsi latihan teknik, karena imbauannya tidak boleh terlalu capek," beber Felix.

"Intensitas justru yang coba dinaikan, durasi atau volume latihan yang dikurangi," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS