alexametrics

Divonis Bersalah, Zarco Start dari Pit Lane di MotoGP Styria 2020

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Divonis Bersalah, Zarco Start dari Pit Lane di MotoGP Styria 2020
Sah, Johann Zarco gabung Ducati mulai kompetisi MotoGP 2020. [Instagram].

FIM menyatakan tindakan yang diambil Johann Zarco adalah seperti ini.

Suara.com - Pebalap Reale Avintia Racing, Johann Zarco divonis bersalah dalam insiden kecelakaan dahsyat yang melibatkan Franco Morbidelli di MotoGP Austria 2020 pekan lalu.

FIM MotoGP Stewards memutuskan memberi penalti pada Johann Zarco akibat insiden itu. Dia diganjar hukuman start dari pit lane di MotoGP Styria pekan ini.

Hukuman itu jelas merugikan Zarco. Pebalap asal Prancis itu harus bekerja ekstra keras apabila ingin bersaing menempati peringkat terdepan pada balapan yang masih akan digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria.

Insiden kecelakaan dengan Morbidelli membuat Zarco mengalami cedera. Pergelangan tangannya mengalami retak kecil dan memaksanya naik meja operasi.

Baca Juga: Hasil FP1 MotoGP Styria: Jack Miller Tercepat, Ducati Mendominasi

Kecelakaan hebat melibatkan Franco Morbidelli dan Johann Zarco (Twitter/MotoGP)
Kecelakaan hebat melibatkan Franco Morbidelli dan Johann Zarco (Twitter/MotoGP)

Pebalap 30 tahun itu menjalani operasi di RS Universitas Modena, Italia. Dia ditangani profesor Catani pada Rabu (19/8/2020).

Operasi itu membuat Zarco harus absen di sesi latihan bebas pertama (FP1) dan FP2 yang berlangsung hari ini, Jumat (21/8/2020). Dia diperkirakan baru bisa berpartisipasi besok.

Kecelakaan dahsyat itu bermula saat Zarco dan Morbidelli saling bersaing di trek lurus jelang tikungan ketiga saat balapan berjalan sembilan lap.

Namun, Zarco yang berada di depan Morbidelli melakukan manuver berbahaya dengan melebar secara tiba-tiba ke arah kanan.

Morbidelli saat itu tak memiliki waktu untuk menghindari sehingga ban depan motornya menghantam motor Zarco. Kedua pebalap pun masing-masing terpental dari motor dan terperosok ke gravel.

Baca Juga: Bikin Rugi, Gaya Balap Pol Espargaro Dikritik Sesama Rider KTM

Kecelakaan itu tak hanya mengancam keselamatan kedua pebalap yang terlibat. Namun, motor Zarco dan Morbidelli yang melesat ke arah tikungan tiga hampir mencelakai Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Komentar