Selain Moeldoko, Ketua BPK Agung Firman Ramaikan Bursa Caketum PBSI

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Selain Moeldoko, Ketua BPK Agung Firman Ramaikan Bursa Caketum PBSI
Ketua BPK Agung Firman Sampurna. (Antara)

Kabarnya sebanyak 26 Pengprov mendukung Agung Firman.

Suara.com - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Agung Firman Sampurna turut meramaikan bursa calon Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) periode 2020-2024. Agung Firman diklaim telah mendapat dukungan dari 26 Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI.

Agung Firman menjadi sosok kedua yang namanya mencuat sebagai calon Ketum PBSI periode 2020-2024. Sebelumnya, ada Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko yang didukung para legenda bulutangkis termasuk Rudy Hartono.

Pengprov PBSI DKI menyebut sosok Agung Firman yang dinilai kuat sangat dibutuhkan untuk meneruskan kepemimpinan sebelumnya yang diduduki Wiranto. Masa jabatan Wiranto akan berakhir Oktober 2020 dan sudah dipastikan tak ikut dalam bursa pemilihan Ketum selanjutnya.

"Kami melihat ada kesinambungan jika tongkat kepemimpinan dari Pak Wiranto diteruskan kepada Pak Agung Firman. Sejauh ini sudah ada 26 dari 34 pengprov yang menyatakan dukungan secara tertulis," kata Ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta Alex Tirta, dalam rilis, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga: Takut Tak Bisa Pulang, Melati Daeva Ikhlas PBSI Batalkan Tur Eropa

Para legenda bulutangkis Indonesia menemui dan meminta Moeldoko untuk menjadi Ketua Umum PBSI, Kamis (10/9/2020). [dok. PBSI]
Para legenda bulutangkis Indonesia menemui dan meminta Moeldoko untuk menjadi Ketua Umum PBSI, Kamis (10/9/2020). [dok. PBSI]

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Harian PBSI menjelaskan bahwa dirinya meyakini bahwa Agung Firman selaku sosok yang Pengprov PBSI DKI Jakarta usung bisa terpilih sebagai Ketua Umum secara aklamasi.

"Sesuai aturan organisasi yang tertuang di AD/ART, ketua umum dipilih oleh pengprov. Ini murni aturan organisasi yang sudah ada sejak dahulu," kata Alex Tirta.

Alex mengklaim bahwa Agung Firman telah didukung 26 Pengprov PBSI. Dia berharap sisa delapan Pengprov bisa turut bergabung dalam menggalang dukungan.

"Masih ada delapan pengprov lagi yang belum menyerahkan surat dukungan. Tapi kami yakin, suksesi kepemimpinan akan berlangsung aklamasi," ujar Alex.

Anggota I BPK RI Agung Firman Sampurna. (Suara.com/Novian)
Anggota I BPK RI Agung Firman Sampurna. (Suara.com/Novian)

Alex mengatakan bahwa para pengurus pengprov sangat berharap Agung Firman bisa membawa PBSI mandiri secara keuangan. Sosoknya sebagai ketua BPK RI dianggap pas dalam membenahi keuangan PBSI.

Baca Juga: Sekjen PBSI: Pemain Tak Keberatan Tampil di Kejuaraan Seri Asia

"Saat ini PBSI masih ada masalah di sektor pendanaan karena kurangnya minat sponsor. Kami berharap agar PBSI ke depan dapat mengundang perusahaan-perusahaan lain untuk ikut menjadi sponsor di PBSI," beber Alex.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS